Mohon tunggu...
Hulaimah Hulaimah
Hulaimah Hulaimah Mohon Tunggu... wiraswasta -

Saya seorang wanita yang suka menulis, suka menghadapi tantangan, kreatif dan inovatif

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Mencuci Tangan Pakai Sabun

25 Desember 2014   03:08 Diperbarui: 17 Juni 2015   14:31 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya seorang relawan Guru yang bertugas di pedalaman Papua. Di sela-sela tugas saya sebagai seorang guru, saya juga memberikan edukasi pentingnya menjaga kebersihan kepada murid-murid saya seperti memotong kuku dan mencuci tangan pakai sabun. Sabun-sabun itu saya beli menggunakan uang saya sendiri, ada yang saya beli dan ada juga pemberian dari tetangga, saya selalu memberikan sabun dan tissu untuk mereka, kadang kadang memberikan sikat gigi dan pasta gigi.

Namun ada hal yang unik ketika saya mengajari mereka mencuci tangan pakai sabun, karena saya mengajak mereka ke sungai yang tidak jauh dari sekolah, setelah mencuci tangan mereka langsung terjun ke sungai dan berenang disana. Jadilah murid-murid saya itu semuanya basah kuyup. Ketika saya membagikan shampo saat jam pulang sekolah, mereka langsung keramas dan mandi di sungai,rambutnya yang keriting ketika disiram air justru semakin menambah eksotisme wajahnya, namun ada juga yang rambutnnya sudah dicukur habis sampai botak, memakai topi, alasannya rambutnya dicukur sampai botak karena cuaca panas dan agar rambutnya tumbuh dengan lebat. Namun walaupun rambutnya botak mereka tetap semangat keramas pakai shampo Lifebuoy

Mencuci tangan pakai sabun menjadi kegiatan yang rutin untuk murid-murid saya saat jam istirahat dan setelah pulang sekolah. Saya juga selalu menekankan agar mereka selalu mencuci tangan pakai sabun setelah buang air besar, sebelum makan dan sesudah makan. Hasil yang saya lihat sangat efektif, murid-murid segera memberitahukan kepada saya jika sabun yang mereka gunakan di rumah sudah habis. Serta mereka akan segera mencuci tangan sebelum memakan kue pemberian saya.

Saya selalu menggunakan produk unilever untuk semua kegiatan edukasi yang saya lakukan di atas. Seperti Sabun Lifebuoy, pepsodent, sikat gigi pepsodent. Program brightfuture ini penting untuk masa depan mereka yang lebih cerah, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, jiwa yang kuat diperlukan agr mereka bisa maju dan cerdas dan menjadi orang yang berguna untuk nusa dan bangsa. Masa depan Papua ada di tangan mereka. Saya ingin program yang saya lakukan ini berkelanjutan, walaupun sekarang saya sudah kembali ke daerah asal saya di Banda Aceh saya bisa melakukan hal yang sama untuk anak-anak Aceh terutama yang berada di pelosok. Saya yakin dengan adanya dana stimulan dari unilever akan mempermudah saya untuk mel;aksanakan semua kegiatan edukasi kebersihan untuk anak-anak Aceh, dan saya ingin proram ini berlangsung terus menerus dan berkesinambungan.

141942624048998650
141942624048998650

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun