Mohon tunggu...
Deddy Huang
Deddy Huang Mohon Tunggu... Freelancer - Digital Marketing Enthusiast | Blogger | Food and Product Photographer

Memiliki minat di bidang digital marketing, traveling, dan kuliner. Selain itu dia juga menekuni bidang fotografi sebagai fotografer produk dan makanan. Saya juga menulis di https://www.deddyhuang.com

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

4 Strategi UMKM Kembangkan agar Bisnis Tetap Survive

18 Agustus 2021   11:28 Diperbarui: 18 Agustus 2021   11:34 22875 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
4 Strategi UMKM Kembangkan agar Bisnis Tetap Survive
Pelaku UMKM Bisnis Kuliner (sumber : kompas.com)

Salah satu fundamental perekonomian Indonesia untuk ikut mendorong pemerintah dalam membantun struktur ekonomi dengan melihat keberadaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

Di tengah tantangan ekonomi saat ini, kita semua harus memilih mana pilihan paling rasional. Kemarin saya menghadiri pembukaan warung makan, saya berjumpa dengan pemilik warung makan.

Sambil menikmati hidangan makanannya, kami bercerita yang topiknya tidak jauh dari kondisi saat ini di bisnis food and beverage.

Saya bilang untuk saat ini memang perlu menyiapkan UMKM atau wirausaha yang melek digital karena pandemi Covid-19 memaksa para pelaku usaha beradaptasi pada era digitalisasi.

Pelaku UMKM atau wirausaha dituntut menguasai ketrampilan bisnis dalam dunia digital.

UMKM di tengah arus globalisasi dan tingginya persaingan pastinya harus membuat tiap pemilik bisnis harus mampu mengadapai tantangan global, seperti meningkatkan inovasi produk dan jasa, pengembangan sumber daya manusia dan teknologi, serta perluasan area pemasaran.

Hal ini perlu dilakukan untuk menambah nilai jual UMKM itu sendiri, utamanya agar dapat bersaing dengan produk-produk asing dan lokal yang kian membanjiri sentra industri dan manufaktur di Indonesia.

Apalagi mengingat UMKM adalah sektor ekonomi yang mampu menyerap tenaga kerja terbesar di Indonesia.

Ada empat indikator yang dapat diterapkan bagi UMKM agar bisa tetap bersaing dengan sesama kompetitor yang ada saat ini. Indikator ini setidaknya memberikan gambaran bagi para pelaku UMKM untuk cross check kembali strategi.

1. Menawarkan Solusi

Bisnis yang ada harusnya menawarkan solusi terhadap permasalahan yang ada di lapangan. Memang tidak mudah untuk menemukan solusi dari permasalahan yang ada, namun ketika kita sudah menemukan solusi maka bisnis tersebut bisa berjalan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan