Mohon tunggu...
KOMENTAR
Entrepreneur Pilihan

4 Strategi UMKM Kembangkan agar Bisnis Tetap Survive

18 Agustus 2021   11:28 Diperbarui: 18 Agustus 2021   11:34 22993 5
Salah satu fundamental perekonomian Indonesia untuk ikut mendorong pemerintah dalam membantun struktur ekonomi dengan melihat keberadaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

Di tengah tantangan ekonomi saat ini, kita semua harus memilih mana pilihan paling rasional. Kemarin saya menghadiri pembukaan warung makan, saya berjumpa dengan pemilik warung makan.

Sambil menikmati hidangan makanannya, kami bercerita yang topiknya tidak jauh dari kondisi saat ini di bisnis food and beverage.

Saya bilang untuk saat ini memang perlu menyiapkan UMKM atau wirausaha yang melek digital karena pandemi Covid-19 memaksa para pelaku usaha beradaptasi pada era digitalisasi.

Pelaku UMKM atau wirausaha dituntut menguasai ketrampilan bisnis dalam dunia digital.

UMKM di tengah arus globalisasi dan tingginya persaingan pastinya harus membuat tiap pemilik bisnis harus mampu mengadapai tantangan global, seperti meningkatkan inovasi produk dan jasa, pengembangan sumber daya manusia dan teknologi, serta perluasan area pemasaran.

Hal ini perlu dilakukan untuk menambah nilai jual UMKM itu sendiri, utamanya agar dapat bersaing dengan produk-produk asing dan lokal yang kian membanjiri sentra industri dan manufaktur di Indonesia.

Apalagi mengingat UMKM adalah sektor ekonomi yang mampu menyerap tenaga kerja terbesar di Indonesia.

Ada empat indikator yang dapat diterapkan bagi UMKM agar bisa tetap bersaing dengan sesama kompetitor yang ada saat ini. Indikator ini setidaknya memberikan gambaran bagi para pelaku UMKM untuk cross check kembali strategi.

1. Menawarkan Solusi

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun