Mohon tunggu...
Hotmaita Siboro
Hotmaita Siboro Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Fakultas Hukum

Blessed to be blessed

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemanfaatan Internet dalam Kegiatan Belajar Mengajar Mahasiswa

19 Januari 2021   13:53 Diperbarui: 19 Januari 2021   14:18 391
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

HOTMAITA ARTA PURBA

2010611052

PROGRAM STUDI ILMU HUKUM,FAKULTAS HUKUM,UPN VETERAN JAKARTA

Hotmaitasiboro22@gmail.com

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan internet terhadap kegiatan belajar mengajar mahasiswa. Internet merupakan teknologi informasi yang mampu menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga memungkinkan informasi dari berbagai jenis dan bentuk informasi dapat dipakai secara bersama-sama. Demikian juga dalam dunia pendidikan di Kalangan mahasiswa, berkat adanya internet maka dapat membantu setiap jasa pendidikan untuk selalu mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan. Dengan memanfaatkan internet, mahasiswa dapat mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan akademik mereka.


Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskkriptif dan analitis yang dalam pelaksanaannya menggunakan survey dengan media google form.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hadirnya internet di kalangan mahasiswa telah mengubah sebagian besar sistem dan tata cara dalam memperoleh informasi. Internet menjadi sumber penunjang belajar yang baik bagi sebagian mahasiswa karena selain mudah diperoleh,internet juga dapat dijadikan sebagai perpustakaan elektronik karena memiliki banyak akses pendidikan yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa.

Kata Kunci : Internet, mahasiswa

PENDAHULUAN

Proses pembelajaran secara komprehensif terus mengalami dinamika dari waktu ke waktu. Pada awal sejarah pendidikan, guru merupakan satu-satunya media dalam mendapatkan ilmu pengetahuan. Hal itu terus berlanjut hingga akhirnya bertambah dengan adanya media buku. Melalui buku,setiap pelajar dapat memperoleh ilmu yang lebih luas dibandingkan pada masa sebelumnya.

Perkembangan zaman membawa media pembelajaran semakin maju dan semakin mudah untuk diakses. Globalisasi dengan perkembangan teknologi informasi menjadikan segala sesuatu menjadi lebih mudah. Teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang sangat pesat,sehingga mengubah paradigma berbagai kalangan alam mencari dan mendapatkan informasi,salah satunya adalah internet.

Menurut Ahmadi dan Hermawan (2013:68), Internet adalah komunikasi jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di Dunia meskipun berbeda sistem operasi dan mesin. Dengan adanya internet kita bisa mencari tahu segala sesuatu,berinteraksi satu sama lain tanpa harus bertatap muka.   

Salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup dari perkembangan teknologi khususnya internet ini adalah bidang pendidikan di perguruan tinggi. Internet memberikan kontribusi yang sangat besar di dalam membantu setiap dimensi yang ada untuk selalu memberikan informasi terbaru. Jaringan internet yang terhubung dengan seluruh komputer di Seluruh dunia merupakan teknologi informasi yang memmungkinkan informasi dari berbagai jenis dan bentuk informasi dapat dipakai secara bersama-sama. Demikian juga dalam dunia pendidikan dikalangan mahasiswa, berkat adanya internet ,maka dapat membantu setiap jasa pendidikan  untuk selalu mendapat informasi terkini sesuai dengan kebutuhan.

Globalisasi telah memicu kecendrungan pergeseran dalam dunian pendidikan, dari pendidikan tatap muka konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Teknologi internet menjadi media yang populer dalam mengembangkan pendidikan global. Jaringan internet dapat mengkomuniukasikan segala jenis dan bentuk informasi antar belahan dunia secara instan dan global.

Dalam dunia pendidikan, internet menjadi media yang sangat ideal untuk melakukan kegiatan pembelajaran, bahkan dalam jarak yangb jauh sekalipun. Melalui internet,maka antara mahasiswa dengan dosen dapat terhubung,seperti melihat jadwal kuliah,mengirimkan tugas berkas perkuliahan,melihat nilai,konsultasi dengan dosen,dan melakukan diskusi secara maya.

Mahasiswa dapat menggunakan internet untuk belajar sendiri secara cepat sehingga akan meningkatkan dan memperluas pengetahuan belajar,berinteraksi,dan mengembangkan kemampuan kerjasama

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana mahasiswa dapat memanfaatkan internet sebagai media penunjang pembelajaran demi meningkatkan prestasi akademik dan non akademik mereka.

Dalam penelitian ini, penulis ingin membuat penelitian yang relevan,yang berguna sebagi pedoman penulis dalam melakukan kajian ilmiah sehingga menciptakan suatu nilai kebaruan. Penelitian relevan yang digunakan adalah  Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang berjudul " Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa " yang ditulis oleh Kelompok 1 Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta. Penelitian tersebut mengkaji bagaimana pengaruh penggunaan internet terhadap prestasi mahasiswa,serta bagaimana dampak yang ditimbulkan oleh internet terhadap mahasiswa dalam proses pembelajaranya. Berdasarkan kajian KTI tersebut,dapat disimpulkan bahwa internet membawa pengaruh yang cukup signifikan terhadap meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

Dalam artikel ilmiah ini,maka penulis akan mengkaji bagaimana pemanfaatan internet oleh mahasiswa sebgai penunjang belajar dan bagaimana dampak penggunaan internet sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar di Dunia perkuliahan. Sehingga hal ini lah yang akan menjadi nilai kebaruan dari KTI sebelumnya.

METODE PENELITIAN

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode ini merupakan metode yang bersifat deskrIptif dan analitis dengan objek penelitian adalah mahasiswa. Sumber data dari penelitian ini adalah literatur,jurnal,artikel dan karya tulis ilmiah.

PEMBAHASAN DAN HASIL

1. Pengertian Internet

Menurut Helmi Ashari(2013:68),Internet merupakan suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lainya. Standar teknologi pendukung yang digunakan secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol suite (TCP/IP). Ini merupakan protokol pertukaran paket ( Switching Communication Protocol ) yang dapat digunakan oleh miliaran lebih pengguna yang ada di Dunia. Sementara itu,"istilah Internet Working " yaitu cara atau proses untuk menghubungkan rangkaian  internet serta penerapan aturan yang telah disebutkan sebelumnya.

Berikut beberapa defenisi internet menurut para ahli:

1. Supriyanto (2005)

Internet yaitu suatu hubungan dengan berbagai jenis komputer dan dengan jaringan yang ada di Dunia serta memiliki sistem operasi dengan aplikasi yang berbeda. Hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi, misalnya telepon dan satelit yang juga menggunakan protokol standar dlam melakukakan komunikasi, yaitu protocol TCP/IP.

2. Allan (2005)

Menurut Allan, internet adalah sekumpulan jaringan konmputer yang terhubung satu sama lain dan dapat membaca serta menguraikan berbagi protokol komunikasi teertentu yang biasa kita kenal dengan istilah Internet Protocol (IP) dan juga Transmission Control Protocol (TCP).

3. Harjono (2005)

Menurut Harjono, internet merupakan kumpulan dari beberapa komputer,bahkan bisa mencapai jutaan komputer di Dunia kemudian saling terhubung dan terkoneksi satu dan lainya. Supaya komputer dapat saling terhubung dan terkoneksi satu dan lainya. Supaya komputer dapat saling berinteraksi dan terkoneksi, maka diperlukan suatu media agar saling menghubungkan antar komputer. Media yang digunakam bisa berupa kabel atau serat optik,satelitr,maupun sambungan telepon.

4.Sarwono (2006)

Internet adalah suatu kumpulan jaringan yang memiliki skala global. Menurut Sarwoni, tidak asa orang yang mampu bertanggung jawab untuk menggunakan internet itu. Awalnya,internet hanya digunakan untuk kepentingan militer,tetapi sekarang internet merupakan kebutuhan sekaligus hiburan.

Internet merupakan media yang digunakan sebagai media untuk mencari dan mendapatkan informasi-informasi yang bersifat aktual yang menggunakan komputer yang mempunyai jaringan-jaringan komunikasi yang ada di seluruh dunia. Fasilitas internet yang digunakan untuk tujuan pembelajaran merupakan hal yang sangat mendukung,sebab internete sebagai sarana informasi yang tidak membosankan justru sangat dibutuhkan dalam mendesain " creative learning ".

Internet sebagai media pembelajaran pada dunia pendidikan merupakan langkah yang lebih maju dalam menerobos pendidikan demi meningkatkan sumber daya manusia yang mampu menguasai media teknologi. Jika kita melihat jauh lebih dalam lagi, maka kita akan mengerti bahwa internet mampu memberikan informasi baru yang memberikan kepuasan kepada konsumen, sebab internet bisa memberikan alternatif jawaban sesuai dengan kebutuhan pendidikan itu sendiri.

2. Penggunaan Internet Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Hadirnya internet di kalangan pelajar khususnaya mahasiswa telah mengubah sebagian besar sistem dan tata cara dalam memperoleh informasi. Seorang mahasiswa dapat mengakses berbagai referensi bacaan dalam berbagai bidang. Tidak lagi secara fisik dengan mengunjungi perpustakaan atau dengan pergi ke Toko buku, melainkan hanya dengan menggerakan jari saja maka berbagai informasi terpenting sekalipun dapat diakses dalam hitungan detik.

Sebelum adanya internet, masalah utama yang dihadapi oleh dunia pendidikan adalah akses kepada sumber informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informasi yang tidak bisa dikatakan murah, seperti halnya  buku-buku dan jurnal yang harus dibeli dengan harga mahal. Sehingga dengan hadirnya internet memumingkinkan mengakses sumber informasi yang mulai tersedia dengan banyak. Dengan kata lain,masalah akses bukanlah menjadi sebuah masalah lagi.

Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar-mengajar di Perguruan Tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar atau dosen semata, melainkan juga sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa dalam proses belajar-mengajar. Melalui internet, mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya.

Strategi pembelajaran yang meliputi pengajaran,diskusi,pembacaan,penguasaan,presentasi,dan evaluasi secara umum,keterlaksanaanya tergantung dari satu atau lebih dari tiga metode dasar dialog atau komunikasi sebagai berikut :

  • Dialog atau komunikasi antara dosen dengan mahasiswa
  • Dialog atau komunukasi antara mahasiswa dengan sumber belajar
  • Dialog atau komunikasi antar mahasiswa.

Apabila ketiga aspek tersebut bisa diselenggarakan dengan komposisi yang serasi, maka diharapkan akan terjadi proses pembelajaran yang optimal. Dengan demikian, akan terlihat bahwa secara nyata, internet memang bisa digunakan dalam mendukung sistem perkuliahan di Perguruan Tinggi.

Berdasarkan survey yang telah dilakukan sebelumnya, Peran internet yang paling menonjol dalam proses belajar mahasiswa adalah diantaranya, untuk menyelesaikan tugas dari dosen,mencari bahan materi pembelajaran dan sebagai sarana pembelajaran dengan dosen.

Internet menjadi sumber penunjang belajar yang baik bagi sebagian mahasiswa karena selain mudah dip[eroleh,internet juga dapat dijadikan sebagi perpustakaan elektronik, karena banyaknya akses pendidikan bahkan referensi buku,jurnal,artikel,e-book,dan lain-lain yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa yang dapat diperoleh melalui internet.

Dengan fasilitas yang dimilikinya,internet menurut Onno W.Purba yang dikutip oleh Prihatna (Prihatna:2005), paling tidak ada tiga hal yang merupakan dampak positif penggunaan internet dalam pendidikan,yaitu:

  • Peserta didik dapat dengan mudah mengambil mata kuliah di manapun di seluruh dunia tanpa batas institusi atau batas negara.
  • Peserta didik dapat dengan mudah berguru pada para ahli di bidang yang dimintanya.
  • Kuliah atau belajar dapat dengan mudah diambil dari berbagai penjuru dunia tanpa bergantung pada universitas atau sekolah tempat mahasiswa belajar. Di samping itu, kini hadir perpustakaan internet yang lebih dinamis dan bisa di gunakan di seluruh jagad raya.

Menurut Raharjo yang dikutip oleh Sukartawi (2003),manfaat internet bagi pendidikan adalah dapat menjadi akses sumber informasi kepada narasumber dan sebagai media seperti :

  • Tersedianya fasilitas e-moderating di mana guru dan siswa dapat berkomunikasi secara mudah melalui fasilitas internet secara reguler atau kapan saja tanpa terbatas jarak.
  • Guru dan siswa dapat menggunakan petunjuk dan bahan ajar yang ter struktur dan terjadwal.
  • Siswa dapat belajara atau me-review  bahan ajar setiap saat
  • Baik guru maupun siswa dapat melakukan diskusi melalui internet yang yang dapat diikuti dengan jumlah peserta yang banyak sehingga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.
  • Berubahnya peran siswa yang dahulunya pasif menjadi aktif.

3.Pemanfaatan Internet Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Mahasiswa

Internet merupakan salah satu saran interaksi tidak langsung antara mahasiswa dengan dosen. Salah satu contohnya adalah ketika dosen mengharuskan pengumpulan tugas melalui e-mail yang merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh internet. Selain itu,internet dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mengakses materi atau mencari bahan materi pembelajaran di luar yang telah diberikan dosen.

Melaui internet,mahasiswa dapat mencari berbagai informasi dan ilmu pengetahuan sebagai tambahan yang relevan dengan subjek mata kuliah. Manfaat lain dari penggunaan internet sebagai media pembelajaran adalah membantu dan mempermudag dalam penyelesaian tugas-tugas akhir serta mendorong penguasaan bahasa asing. Di samping itu, internet juga dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa diwaktu luang sebagai sarana penghibur, misalnya mendengarkan musik atau juga bermain game atau bahkan berselancar di sosial media. Internet juga dapat digunakan untuk mencari-cari informasi seputar beasiswa atau lowongan pekerjaan yang dibutuhkan nantinya.

Mahasiswa banyak menggunakan internet untuk mencari referensi seperti jurnal,e-book,artikel dan lain sebagainya. Dalam kurun waktu dekat, internet kemungkinan besar dianggap memberikan infomasi yang rinci dan tidak jauh berbeda dengan buku-buku di Perpustakaan. Bahkan sering kali bahan ajar yang ada di Perpustakaan tidak mampu memenuhi kebutuhan belajar mahasiswa dan bahkan sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman sehingga diperlukan sumber belajar yang lain. Salah satru sumber belajar yang relevan tersebut adalah jaringan internet. Untuk itu, bekal keterampilan mahasiswa khususnya dalam memanfaatkan teknologi internet sangat diperloukan.

Keuntungan pencarian informasi melalui internet yaituinformasi penting yang tersedia di internet jumlahnya terus meningkat. Ini mencakup berbagai arsip gratis dan arsip umum, katalog perpustakaan, layanan pemerintah, dan berbagai pangkalan data komersial. Internet dapat membantu membuat keputusan yang tepat. Internet memungkinkan orang untuk berbicara; setiap orang mempunyai pendapat, dan semua pendapat itu bermuara pada internet. Internet di sini berperan sebagai sebuah laporan pelanggan berkesinambungan dengan setiap orang secara tak henti-hentinya menyumbangkan pandangan, pengalaman, rekomendasi, dan peringatan.

Mahasiswa yang selalu memanfaatkan internet untuk kegiatan perkuliahan sebagai salah satu media dalam kegiatan pembelajaran, akan menunjang mutu pendidikan dan kualitas pembelajaran. Hal ini sesuai dengan pendapat Cobine (dalam Sanjaya, 2013:222) bahwa "Through independent study, students become doers, as well as thinkers", pernyataan ini berarti pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan mahasiswa untuk belajar secara mandiri. Internet digunakan untuk memperoleh informasi, mencari informasi mengenai hal yang diminati, menonton video atau entertaiment, dan mencari informasi untuk kebutuhan perkuliahan (Purdy, 2017).Internet juga digunakan untuk mencari kekurangan data melalui pemberitaan atau pada sumber literatur berbasis internet (Monetti, Breneiser, & Whatley, 2015).

Pemanfaatan internet akan mempengaruhi keterampilan membaca seseorang. Keterampilan lainnya selain membaca adalahintegrasi yang berbeda dari sumber informasi (misalnya menghubungkan informasi dari yang berbeda halaman web) dan evaluasi informasi dengan mengevaluasikredibilitas rekomendasi di halaman web (Afflerbach & Cho, 2009). Internet dapat menambah kemampuan membaca, berpikir kritis, dan mengintegrasi atau mengasosiasikan sumber bacaan yang satu dengan yang lainnya (Salmern,Naumann, Garca, & Fajardo, 2017). Hasil penelitian Salmern,Garca, &Abarca (2018)kemampuan linguistik memprediksi kinerja dalam mencari tugas membaca berbasis internet, frekuensi penggunaan tugas informasi internet mempengaruhi pemahaman berbasis internet, keefektifan dalam menggunakan TIK mempengaruhi pemahaman membaca berbasis internet dan efisiensi mencari sumber bacaan, serta pada tingkat SMA perlu mencapai tingkat pemahaman kritis.

Berikut beberapa manfaat penggunaan internet bagi mahasiswa menurut para ahli.

1.S.Siahaan (Siahaan S:2001)

  • Bertambah luasnya wawasan tentang berbagai perkembangan yang ada,
  • Meningkatnya penggunaan atau penguasaan Bahasa Igris,
  • Bertambah luasnya persahabatan remaja,tidak hanya dari berbagai daerah melainkan dari berbagai negara juga,
  • Banyaknya referensi yang berkaitan dengan materi pembelajaran yangh diperoleh.

2. Khoe Yao Tung (Khoe Yao Tung:1997)

  • Sebagai sarana bantu belajar mengajar,perkembangan trend ini pada akhirnya akan menjadikan cyber education menjadi intellegent cyber education.
  • Sebagai alat distribusi dan kolaborasi antar mahasiswa,pengelola dan mahasiswa,surat-menyurat,pengumuman,informasi registrasi,silabus,penerimaan mahasiswa baru. Juga informasi-informasi penelitian,perpustakaan,jurnal,bahkan informasi antara alumni.
  • Sebagai sarana pemasaran jasa pendidikan.

 

3. Menurut Kenji Kitao dalam S. Siahaan (2001)

Perkembangan atau kemajuan teknologi internet yang sangat pesat dan merambah ke Seluruh penjuru dunia telah dimanfaatkan oleh berbagai negara,institusi dan ahli untuk berbagai kepentingan,termasuk di dalamnya kepentingan pendidikan atau pembelajaran.

4. Rahardjo, B.(2001)

  • Akses ke sumber informasi
  • Sebelum adanya internet,masalah utama yang dihadapi dunia pendidikan adalah akses terhadap informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informasi yang sayangnya tidak murah. Buku-buku dan juornal harus dibeli denn harga yang mahal. Pengelolaan yang baik juga tidak mudah sehingga akibatnya banyak tempat di berbagai lokasi di Dunia  (termasuk di Dunia Barat) yang tidak memiliki perpustakaan yang lengkap. Adanya internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Dengan kata lain,akses sumber informasi bukanlah menjadi masalah lagi.
  • Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar dan juga tersedia dalam berbagai bidang yang diminati. Contoh-contoh sumber infomasi yang tersedia di internet anatara lain, library, online journal, Online courses.
  • Di Indonesia, masalah kelangkaan sumber informasi konvensional (Perpustakaan) lebih berat dibanding tempat lain,dan dengan adanya internet maka hal ini bukanlah menjadi sebuah masalah lagi.
  • Akses ke pakar
  • Internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinkan seorang mahasiswa berkomunikasi dengan pakar di tempat lain.
  • Media kerjasama
  • Kolaborasi atau kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan dapat terjadi dengan lebih mudah,efisien dan lebih murah.

5.Sherry, L (1999)

  • Mencari informasi
  • Berkomunikasi dengan teman
  • Sharing informasi
  • Berkolaborasi

6. Wales, Edward, L (1996)

  • Informasi yng didapatkan lebih cepat dan murah dengan aplikasi
  • E-mail
  • WWW
  • News Group
  • FTP
  • Gopher
  • Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh:
  • Koran masuk ineternet
  • Majalah,brosur,dan sebagainya tersedia di internet.
  • Sebagai media promosi
  • Komunikasi interaktif
  • Sebagai alat research dan development
  • Pertukaran data.

4. Pemanfaatan Fasilitas Internet dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Menurut Suyanto, H.A. (2004), internet memiliki beberapa fasilitas atau kemampuan pokok seperti:

  • World Wide Web (WWW), yang biasa digunakan untuk mengambil, memformat,dan menampilkan informasi elektronik.
  • Electronic-Mail (E-Mail), yang digunakan sebagai surat elektronik yang dikirimkan melalui internet.
  • Telnet, yang memungkinkan kita bisa menggunakan komputer untuk berbhubungan dengan komputer orang lain dan mencari atau mengambil informasi yang ada dikomputer tersebut.
  • File Transfer Protocol (FTP), yang banyak digunakan untuk mengirim data atau file dari satu komputer ke komputer lain.
  • Gopher, adalah sistem dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan menggunakan hirarki menu.
  • Chat Groups atau Internet Relay Chat (IRC), adalah forum dimana pemakai dapat saling berdiskusi atau berbincang-bincang dengan pemakai lain.
  • News Group, kelompok dikusi di electronic bulletin boards.
  • Mailing List, kelompok diskusi yang menggunakan e-mail sebagai sarana utama.

Menurut Purbo,Ono W, pemanfaatan internet untuk dunia pendidikan antara lain:

1. Perpustakaan di Internet

Internet tidak hanya memberikan revolusi bagi pembelajar di kelas, tetapi juga membuka dunia baru bagi perpustakaan. Saat ini,sebagian informasi yang ada di Perpustakaan dapat dengan mudah diakses di internet. Sehingga sumber ilmu pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan sekolah atau perpustakaan universitas,menjadi tidak terbatas di internet. Seperti halnya buku yang selalu terbatas dan hanya dapat ditemui di Perpustakaan sekolah,kini dapat dicari di berbagai perpustakaan yang ada di Internet. Bahkan, internet tidak lagi terbatas pada koleksi buku atau informasi,akan tetapi menjadi pusat diseminasi informasi maupun pangkalan data penelitian dan aktivitas yang ada di Universitas tersebut.

Berikut dapat dilihat beberapa alamat perpustakaan yang menyediakan data di internet.

Tabel 1. Perpustakaan Digital Lembaga Pendidikan dan Penelitian di Indonesia

Nama Perpustakaan

Lembaga Pemilik

Jenis Perpustakaan

Alamat URL

CISRAL

Universitas Padjajaran

Perpustakaan Perguruan Tinggi

http://cisral.unpad.ac.id/

ITBCentral Library

InstitutTeknologi Bandung

Perpustakaan Perguruan Tinggi

http://digital.lib.itb.ac.id/

SEAMEO BIOTROP

Southe East Asian Regional

Perpustakaan khusus

http://library.biotrop.org/center 

Perpustakaan Digital Batan

BadanTenaga Atom Nasional

Perpustakaan Khusus

http://digilib.batan.go.id/utama/BATAN

UNSDigital Library

Universitas Sebelas Maret

Perpustakaan Perguruan Tinggi&Array

http://digilib.uns.ac.id/?next?=6120tinggi&array

Perpustakaan Institut Bisnis&Informatika

Institut Bisnis&Informatika Indonesia

Perpustakaan Perguruan Tinggi

http://digilib.ibii.ac.id/

Sumber:Bambang Winarko,2009

2. Jurnal Ilmiah di Internet

Jurnal ilmiah merupakan salah satu sumber yang sangat dibutuhkan oleh mahaiswa untuk meningkatkan prestasi akademik dan non akademik mereka. Jurnal ilmiah juga merupakan sumber materi yang sangat bagus untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran. Pada bulan Agustus 1997,tidak kurang dari 2500 jurnal ilmiah berada di internet sehingga memudahkan akses bagi mahasiswa. Untuk mengakses jurnal bisa menggunakan homepage yang teloah disediakan oleh masing-masing institusi.

Berikut beberapa alamat mengakses jurnal gratis bagi mahasiswa.

            Tabel 2.Alamat akses Jurnal Ilmiah

NAMA

Homepage

LIPI

LIPI.go.id

PNRI

E-resources.perpusnas.go.ig

DOAJ

doaj.org

Google Schoolar

scholar.google.com

Library Genesis

libgen.org

            Sumber: https://sevima.com/10-situs-tempat-mencari-referensi-karya-tulis-ilmiah/

3. Enslikopedia di Internet

Dengan menggunakan teknologi web,kita dapat memasuki berbagai enslikopedia yang menyimpan berbagai informasi tentang berbagai hal. Baik itu enslikopedia global,kesehatan dan lain-lain,semua dapat diakses dari internet.

PENUTUP

Internet merupakan salah suatu media pembelajaran yang memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. Dengan memanfaatkan internet mahasiswa dapat mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan sesuai dengan kebutuhan yang relevan sesuai dengan kebutuhan akademik mereka.Mahasiswa yang selalu memanfaatkan internet untuk kegiatan perkuliahan sebagai salah satu media dalam kegiatan pembelajaran, akan menunjang mutu pendidikan dan kualitas pembelajaran. pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan mahasiswa untuk belajar secara mandiri. Internet digunakan untuk memperoleh informasi, mencari informasi mengenai hal yang diminati. Internet menjadi sumber penunjang belajar yang baik bagi sebagian mahasiswa karena selain mudah diperoleh,internet juga dapat dijadikan sebagai perpustakaan elektronik karena banyakak akses pendidikan bahkan referensi yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa.

DAFTAR PUSTAKA

  • BUKU
  • Allan,2005,"Pengertian internet dan Asal usul dari kata internet", Surabaya: Penerbit Indah.
  • Fauzi,Akhmad,2008,"Pengantar Teknologi Informasi",Yogyakarta : Graha Ilmu
  • Harjono,2009,"Mendayagunakan Internet",Yogyakarta: Pustaka Belajar
  • Purwadi,Daniel,1995, "Belajar Sendiri Mengenal Internet Jaringan Informasi Dunia",Jakarta: Alex Media Komputerindo
  • Sarwono,Jonathan,2006,"Strategi Penelitian di Internet",Yogyakarta:Graha Ilmu.
  • Supriyanto,Aji,2005,"Pengantar Teknologi Informasi", Jakarta : Salemba Infotek.
  • JURNAL
  • Anton Moeliono,1994,"Kamus Besar Bahasa Indonesia",Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Pustaka.
  • Husna, Arafah dan Sri Wahyuni, "Kesiapan Jurusan Teknologi Pendidikan dalam Implementasi E-Learning",Jurnal Penelitian Kependidikan, Tahun 18, No 1.
  • Lidia,"Pemanfaatan Internet Bagi Mahasiswa Jurusan Akutansi",2007.

  • WEBSITE
  • Ashari, Helmi,2019,"Pengertian internet,sejarah,dan perkembangannya", https://idwebhost.com/blog/pengertian-internet/
  • KBBI, "Arti Kata Internet", https://kbbi.web.id.internet

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun