Mohon tunggu...
Indonesian Hotelier
Indonesian Hotelier Mohon Tunggu... -

Suka menulis, berbagi info wisata dan peneliti trend pasar dan pelayanan pada industri perhotelan dan kesehatan di Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Money

Model Kepemimpinan Masa Depan di Industri Perhotelan

30 September 2016   06:44 Diperbarui: 8 Oktober 2016   00:44 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Dalam Industri hotel setiap pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan dituntut kualitas yang prima. Sehingga, janji-janji hotel dalam memenuhi harapan tamu dapat terpenuhi.

Industri hotel memang unique, karena menuntut setiap pelaku didalamnya untuk dapat menghasilkan “kualitas prima”dalam pelayanan. Oleh karena itu, setiap insan hotelier dituntut untuk dapat mengerjakan setiap detail dari “prosess” yg dilalui.

Oleh karena itu, pendekatan kepemimpinan yang tepat adalah dengan menganut prinsip “Soft Leadership” yg dikembangkan oleh mbah Prof M.S. Rao yakni sebuah pedoman kepemimpinan yang mengedepankan “hubungan manusia” didalam melakukan sebuah “proses kerja“.

Soft Leadership ini juga digadang-gadang akan menjadi sebuah “Leadership Masa Depan” yang menurut mbah Stephen R. Covey bahwa kepemimpinan masa depan akan lebih mengutamakanhubungan antar sesama manusiaatau bahasa jawanya “Ngewongke Ewong”. Beliau mengatakan “always treat your employees exactly as you want them to treat your best customer”. 

Lalu, apa langkah kongkrit yang bisa Anda lakukan untuk dapat menerapkan konsep Soft Leadership ini? 

Merujuk pada buku “The Prisma Way” yang ditulis oleh mbah Januar Darmawan Ph.D, maka terdapat empat poin penting dalam memimpin, diantaranya:

1. Pemimpin Jangan Sok Tahu

Apakah seorang General Manager dihotel dapat menguasai semua jenis dan bidang pekerjaan di hotel? Jawabannya tentu saja mustahil, mereka mungkin mengetahui, tapi belum tentu dapat melakukannya.

Oleh karena itu, kerendahan hati seorang pemimpin sangat diperhitungkan dalam memimpin, terutama untuk belajar danbertanya kepada ahli dibidangnya masing-masing ketika menghadapi permasalahan, berdiskusi dengan team, sehingga Anda akan dapat mengambil keputusan dengan tepat dan cermat. Hilangkan ego dan gunakan kecerdasan emosi dalam menghadapi situasi-situasi sulit.

2. Pemimpin Mengetahui Kapasitas dan Kemampuan Bawahan

Sesuper apa pun seseorang, pasti ada batasnya. Oleh karena itu,  dengan mengetahui batasan kompetensi yg dimiliki bawahannya, maka pemimpin dapat memberikan target yang tepat, mengelola kebutuhan pelatihan untuk meningkatkan level kompetensi dan merancang proyeksi bisnis dengan tepat.

3. Berikan Kepercayaan dan Terima Resiko

Dengan memberikan kepercayaanberarti Anda memberikan peluang kepada bawahan untuk belajar tanpa “rasa takut” akan kesalahan. Pemimpin tak perlu lagi berkutatmasalah operasional dan dapat lebih fokus kepada hal-hal yang bersifat strategic.

4. Menyadari bahwa setiap orang itu Unique

Ciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi karyawan. Pada dasarnya setiap manusia itu berbeda-beda dan pada hakekatnya setiap manusia ingin berbuat yang terbaik. Hal ini tentunya akan mendongkrak produktivitas kerja bila pemimpin mampu menciptakan suasana kerja yang dapat membuat mereka percaya dan nyaman terhadap perusahaan.

Baca Juga: Makna Merdeka Bagi Karyawan

Itulah empat kunci pemimpin di Industri perhotelan yang menitik beratkan kepada hubungan antar manusia sehinga seorang pemimpin dapat dipercaya dan membuat bawahannya menjadi lebih nyaman dalam bekerja yang berdampak pada produktivitas bisnis hotel yang dijalankan.

Baca Juga:

Leadership Cowboy

Creative Leadership

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun