Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Cerpenis.

Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (guepedia, 2021). Satu buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Apakah Pegawai Lama Boleh Menghindar dari Pemeriksaan Pekerjaannya Setelah Mutasi?

29 Juni 2021   21:50 Diperbarui: 3 Juli 2021   04:01 492 23 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Pegawai Lama Boleh Menghindar dari Pemeriksaan Pekerjaannya Setelah Mutasi?
Ilustrasi pemeriksaan pekerjaan | sumber: pexels.com/pixabay

"Mengapa bisa begini? Ini ada kesalahan! Tolong dijelaskan! Jangan sampai timbul kerugian!" perintah seorang pemeriksa tentang sebuah pekerjaan yang sedang diperiksanya.

Seorang pegawai di depannya tertunduk lesu, "Saya baru, Pak, di sini," katanya perlahan. 

"Kalau begitu, panggil pegawai lama!" seru pemeriksa. Pegawai itu menelepon pegawai lama.

"Lho, saya kan sudah lama pindah. Saya tidak mengurusi itu lagi. Jangan hubungi saya. Kamu yang harus menyelesaikan itu!" sentak pegawai lama lewat telepon. Pegawai itu semakin bingung. Ia tidak tahu apa-apa, tetapi disuruh bertanggung jawab.

Mutasi pegawai adalah hal biasa dalam setiap perusahaan atau instansi atau lembaga. Boleh berupa promosi, yaitu kenaikan pangkat dan menduduki jabatan tertentu.

Bisa berbentuk demosi, yakni pemindahan dari satu jabatan ke jabatan lain yang lebih rendah. Atau, sekadar betul-betul mutasi. Hanya perpindahan pegawai ke divisi lain tanpa diikuti kenaikan atau penurunan pangkat dan jabatan.

Pada sebagian perusahaan, mutasi dilakukan rutin semisal empat tahun sekali guna penyegaran pegawai. Tentu, ada faktor kejenuhan yang timbul jika pegawai menguasai dan bekerja pada hal-hal yang itu-itu saja.

Jika sudah jenuh, sedikit banyak memengaruhi motivasi kerja. Produktivitas mungkin berkurang dan berimbas pada pencapaian target perusahaan.

Bagian personalia atau sumber daya manusia adalah pihak yang paling berwenang melakukan mutasi. 

Tidak heran, pegawai di bagian itu terkadang mendapat perhatian lebih dari para pegawai dengan maksud agar tidak dimutasi ke daerah yang tidak enak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN