Mohon tunggu...
Hizkia Nandana Umbu Kawuji
Hizkia Nandana Umbu Kawuji Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Mempelajari hal hal yang baru

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

6 Fakta Menarik tentang Media Baru: Pinterest

4 September 2022   16:05 Diperbarui: 4 September 2022   16:04 548 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://influencer101.id/pinterest-adalah/


Media baru merupakan sebuah istilah umum untuk jenis komunikasi elektronik yang mulai bermuncul. Media baru memiliki beberapa ciri utama yakni merupakan sebuah media yang dapat dikatakan cukup interaktif. Yang tentunya media baru merupakan sebuah perwujudan nyata dari bentuk komunikasi multimedia yang dimana dapat dilakukan diberbagai tempat. Berbeda dengan media konvensional, media baru merupakan sebuah terobosan yang menciptakan sebuah alur baru yang mendukung dinamika hidup di era globalisasi. 

https://www.kenyanvibe.com/
https://www.kenyanvibe.com/

Media baru memiliki banyak bentuk salah satunya yakni Pinterest. Pinterest merupakan sebuah situs web media sosial yang berfungsi untuk berbagi ide-ide dalam bentuk sebuah foto. Pinterest ini diluncurkan pada tahun 2009 oleh tiga orang yakni Ben Silbermann, Paul Sciarra, dan Evan Sharp di Amerika Serikat yang dimana pinterest ini terinspirasi dari dua kata yakni pin dan interest yang menginterpretasikan pola kehidupan orang Eropa dan Amerika yakni selalu bekerja dan belajar untuk menyimpan atau menyematkan ide, gagasan, dalam bentuk foto atau materi visual lainnya ke PinBoard.

https://brainprick.com/
https://brainprick.com/
Pada dasarnya, Pinterest ini merupakan sebuah lumbung inspirasi bagi seseorang yang memiliki ketertarikan dengan dunia seni sehingga tak heran juga pada tahun 2022 pihak Pinterest mengumumkan bahwa mereka memiliki pengguna aktif setiap bulan yang mencapai lebih dari 478 juta pengguna dan dari hal tersebutlah dapat disimpulkan bahwa Pinterest merupakan salah satu media sosial yang sukses. Dibalik kesuksesan Pinterest, terdapat beberapa fakta yang mungkin belum diketahui maka dari itu topik kali ini, pembahasannya adalah 6 Fakta menarik tentang Pinterest.

1. Pengguna Pinterest didominasi oleh wanita.
 Dalam statistik Pinterest di tahun 2022, tercatat bahwa intensitas penggunaan media sosial Pinterest terbanyak adalah wanita. Perbandingannya yakni wanita 77,1% sedangkan laki-laki hanya 14,5%. Hal tersebut juga didukung dengan minimnya penyumbangan pin oleh laki-laki yakni hanya 7%.

2. Terdapat 85% pengguna Pinterest yang mengakses Pinterest melalui aplikasi smartphone mereka.
 Hal tersebut dapat dipastikan karena setiap orang tentunya akan melakukan sebuah hal dengan cara yang cenderung lebih mudah sehingga penggunaan gawai atau smartphone dalam mengakses sesuatu merupakan sebuah upaya utama dalam melakukan sesuatu.

3. Jerman merupakan pasar Pinterest terbesar kedua di dunia
 Tercatat sebanyak 17,5 juta pengguna Pinterest berasal dari Jerman. Hal tersebut didukung dengan sebuah fakta yang dimana Tembok Berlin merupakan sebuah spot yang terkenal di Eropa bahkan seluruh dunia. Tembok Berlin merupakan sebuah tonggak kebangkitan seni di kota tersebut sehingga hal tersebutlah yang menjadikan Jerman merupakan negara dengan peminat seni yang sangat banyak.

https://www.brilio.net/
https://www.brilio.net/
4. Pinterest memiliki Prime Time yang cukup ekstrim
 Dalam mengakses Pinterest, penggunanya cenderung mengakses Pinterest itu sendiri berada di akhir pekan dan malam hari (21.00-01.00). Dalam rentang waktu tersebutlah, penggunanya mencari banyak inspirasi atau ide yang mereka gunakan untuk keperluan masing-masing.

5. Sebagian besar pengguna Pinterest berumur 18-29 tahun
 Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa generasi muda merupakan eksekutor terbaik dalam bidang kreatifitas. Hal tersebut dikarenakan, banyak pemikiran yang hadir dalam pikiran mereka masing-masing yang tentunya berguna bagi masa depan mereka.

6. Indonesia berada pada posisi 18 untuk pengguna Pinterest di seluruh dunia.
 Data tersebut didapatkan ketika 70 juta pengguna Pinterest dari Indonesia mendaftarkan diri tepat sebelum tanggal 1 Juli 2013. Berbicara soal regional, Indonesia berada di bawah Filipina, Cina dan India. Posisi Indonesia berada di atas Turki dan Kolumbia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan