Mohon tunggu...
Bella Aprilia Hidayat
Bella Aprilia Hidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa - S1 Keperawatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Hello, everyone. Saya April, mahasiswa S1 keperawatan di salah satu universitas di Surabaya. Saya memiliki hobi membaca. Dari membaca ini saya memiliki inspirasi untuk menulis. Saya sangat menyukai buku-buku berbau sastra dan seni. Selain itu, saya juga menyukai sesuatu berbau medis.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Peran Perawat dalam Kehidupan Masyarakat

3 Oktober 2022   22:51 Diperbarui: 24 Oktober 2022   10:05 129 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perawat memainkan peran penting dalam kesejahteraan masyarakat.

Nettie mengatakan banyak penolakan dan diskriminasi saat pasien sembuh kembali ke tempat tinggalnya. Keadaan ini merupakan salah satu peran perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya pasien. "Jadi situasi ini membutuhkan pendidikan di masyarakat," jelasnya.

Pertama, pelanggan akan menunjukkan respon positif. Klien merespon positif perawat jika perawat memperlakukan klien dengan penuh perhatian, begitu juga sebaliknya (Rahmayani, 2020). Hal ini sangat terlihat saat memberikan asuhan kepada klien. Sebagai contoh kecil, ketika kita menunjukkan sikap peduli saat merawat klien, klien merespons dengan baik setiap tindakan perawatan yang akan dilakukan. Hal ini memberikan kepercayaan pelanggan terhadap layanan yang diberikan. Contoh lain, banyak yang mengatakan perawat di pelayanan kesehatan tidak ramah dan kejam terhadap klien. Ketika perawat tidak mengambil sikap caring, respon klien menjadi negatif. Jika perawat menunjukkan sikap caring dalam asuhan yang diberikan, responnya jelas akan berbeda dan klien pasti akan senang dan akan mengatakan bahwa perawat di Fasilitas Kesehatan A ramah dan menyenangkan.

Perawat memiliki peran penting dalam kesehatan masyarakat.

Seperti profesi kesehatan lainnya, perawat memiliki peran dan fungsi perawat yang diatur oleh batasan pelayanan kesehatan. Di mana pun mereka bekerja, baik di klinik, puskesmas, atau bahkan rumah sakit, setiap perawat perlu memahami dan menjalankan peran dan tanggung jawab tersebut dengan benar dan benar.

Menurutnya, perawat dapat berperan dalam mengubah dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta mengedukasi masyarakat tentang manfaat pelaksanaan Kampanye Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dalam konteks ini, menurut Kesehatan.

Perawat memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat.

Pada akhirnya peran dan fungsi perawat ini akan menjadi pedoman bagi masyarakat serta perawat dan calon perawat. Dan dalam konteks ini, perawat pada dasarnya memegang peranan dan peran penting dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi di setiap masyarakat.

Belum lagi risiko besar yang dihadapi perawat saat memberikan perawatan, meskipun perawatan standar telah diberikan untuk pasien Covid-19. "Peran lain seorang perawat adalah sebagai komunikator, di masa pandemi seperti sekarang ini," ujarnya.

Nama: Bella Aprilia Hidayat

NIM: 1130022111

Prodi: S1 Keperawatan

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Tugas Bahasa Indonesia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan