Mohon tunggu...
HiQudsStory
HiQudsStory Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Writer, Full time Blogger

Pemilik blog https://hiqudsstory.com dan https://mlaqumlaqu.com. Akun instagram @hiquds, twitter @hi_quds

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Jelajah Jejak 0 Kilometer Batavia di Night at Museum Bahari

16 Oktober 2022   19:18 Diperbarui: 16 Oktober 2022   20:07 731
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rombongan tour night at museum Wisata Kreatif Jakarta

Salah satu objek wisata yang saya sukai yaitu berkunjung ke museum. Mengenal sejarah peradaban masa lalu dan cerita di balik suatu benda atau bangunan sering kali membuat saya membayangkan kehidupan di jaman itu. 

Kalau wisata museum yang biasa dilakukan di pagi hingga sore hari, kali ini saya mencoba mengikuti wisata museum di malam hari. Yup, museum at night yang saya ikuti bareng rekan-rekan di Wisata Kreatif Jakarta ini menjadi pengalaman pertama saya mengikuti trip wisata museum di malam hari.

Objek wisata museum yang akan saya kunjungi kali ini yaitu Museum Bahari dan Menara Syahbandar yang berada di daerah Pasar Ikan, Jakarta Utara. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari pusat wisata Kota Tua, kurang lebih 1 kilometer kami tempuh dengan berjalan kaki. 

Alhamdulillah cuaca pada Jumat (14/10) malam itu cukup cerah, mendukung banget nih untuk mengadakan perjalanan wisata. Walau begitu saya sudah menyiapkan payung untuk berjaga-jaga bila hujan turun, karena cuaca di ibukota saat ini yang sering hujan.

Tour Night at Museum bersama Wisata Kreatif Jakarta ini dipandu oleh mbak Ira Latief yang juga sebagai founder dari Wisata Kreatif Jakarta dan juga mbak Yuli. Kebetulan sekali trip kali ini ada sekitar 40 orang jadi dibagi 2 rombongan dan saya mengikuti rombongan yang dipandu mbak Ira. 

Untuk sampai di lokasi Menara Syahbandar, saya menggunakan transportasi TransJakarta jurusan Blok M-Kota dari halte Monas dan turun di halte Museum Fatahillah. 

Dari halte Museum Fatahillah saya bergabung dengan Buncha Elisa dan Mak Neng Tanti dan kami lanjut dengan berjalan kaki menuju Menara Syahbandar yang jaraknya sekitar 800 meter.

Menara Syahbandar sebagai jejak sejarah titik 0 kilometer Batavia

dokpri @hiquds
dokpri @hiquds
Meeting point kali ini sekaligus sebagai trip pertama yaitu di Menara Syahbandar yang berlokasi di Jalan Pasar Ikan No.1, Jakarta Utara. Bangunan Menara Syahbandar ini tepat berada di pinggir jalan di mana banyak kendaraan berat yang melintas seperti truk dan kontainer. 

Sejarah singkat Menara Syahbandar dahulunya merupakan menara pengawas kapal yang keluar masuk kota Batavia pada jaman penjajahan Belanda. Selain sebagai menara pengawas, 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun