Mohon tunggu...
Hipmi UM
Hipmi UM Mohon Tunggu... Himpunan Pengusaha Muda Indonesia PT Universitas Negeri Malang

Pengusaha Pejuang - Pejuang Pengusaha

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Organisasi Wirausaha di Universitas Negeri Malang

18 Juli 2020   20:21 Diperbarui: 18 Juli 2020   20:20 9 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Organisasi Wirausaha di Universitas Negeri Malang
Dok: HIPMI UM

Organisasi merupakan  wadah yang menampung individu satu dengan individu lain untuk mencapai tujuan yang sama. Untuk mencapai tujuan bersama, maka dibutuhkan kerjasama seluruh anggota. 

Organisasi harus memiliki fungsi yang dapat menunjang kelangsungan berdirinya organisasi itu sendiri dan pengurus bersama anggota yang menjalankan fungsi tersebut. Selain itu, setiap organisasi harus memiliki target supaya kemampuan individu (anggota) maupun kualitas organisasi dapat meningkat dan berkembang.

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau yang biasa disingkat HIPMI merupakan suatu organisasi kader yang menciptakan pengusaha nasional dan memperjuangkan aspirasi ekonomi para Pengusaha Muda Indonesia dalam rangka mendorong dan melayani pembangunan ekonomi dan bisnis Indonesia di masa depan sesuai dengan visi misi strategis HIPMI.

HIPMI memiliki tingkatan tertentu dalam lingkup wilayah yang bertujuan untuk merangkul masyarakat dalam  setiap wilayah dan lebih terpusat serta tertata. 

Tingkatan tersebut yaitu Badan Pengurus Pusat HIPMI, merupakan pusat HIPMI yang berkedudukan di ibu kota negara,  Badan Pengurus Daerah yang berkedudukan di ibu kota provinsi, Badan Pengurus Cabang yang berkedudukan di Kabupaten/Kota dan terdapat HIPMI Perguruan Tinggi yang berdiri di masing-masing Perguruan Tinggi untuk menampung pengusaha-pengusaha di tingkat Universitas. 

Bermula pada bulan Juli tahun 2019 terdapat beberapa mahasiswa yang berinisiatif mendirikan HIPMI PT Universitas Negeri Malang, yaitu Yoga Abi Zakaria, Silviana Anggraini, Muchammad Rizal Fahmi dan Muhammad Iqbal Taufiqal. 

Didasari oleh tekad yang kuat dan rasa optimis yang tinggi, akhirnya HIPMI PT Universitas Negeri Malang berdiri sejak saat itu. Ketua umum HIPMI UM, Yoga Abi Zakaria mengajak anggota PMW UM untuk bergabung kedalam organisasi HIPMI PT UM dan dimasukkan kedalam struktur kepengurusan.

Ketua umum pertama HIPMI PT UM adalah Yoga Abi Zakaria yang  juga pendiri HIPMI PT UM. Dalam proses awal pembentukan organisasi berjalan lancar, namun keadaan sulit yang dialami adalah pengelolaan pengurus. 

Ketua Umum Yoga Abi Zakaria merupakan ketua umum pertama dan masih menjabat sampai saat ini, untuk struktur kepengurusan sudah tertata rapi dan menyesuaikan kebutuhan organisasi, tetapi untuk pemantapan kinerja masing-masing bidang membutuhkan proses yang tidak sebentar. 

Dari awal pembentukan HIPMI PT UM, anggota pengurus mencari strategi untuk menarik perhatian mahasiswa UM supaya memiliki minat bergabung di HIPMI PT UM. 

Dengan kerjasama dan tekad yang kuat, anggota baru HIPMI PT UM bertambah sesuai dengan target. Status organisasi HIPMI PT UM yaitu dibawah Badan Pengurus Cabang HIPMI Kota Malang. HIPMI PT UM aktif menjalin komunikasi dengan HIPMI PT lain.

VIDEO PILIHAN