Mohon tunggu...
Hikma HanifFitria
Hikma HanifFitria Mohon Tunggu... Hikma Hanif Fitria

Hikma Hanif Fitria

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Yuk, Cari Tahu tentang Belajar…

18 Oktober 2020   10:19 Diperbarui: 18 Oktober 2020   10:26 25 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk, Cari Tahu tentang Belajar…
beritamedia.id

Apasih belajar itu? Burton dalam bukunya “The Guidance of Learning Avtivities”, merumuskan pengertian belajar sebagai perubahan tingkah laku pada diri individu berkat adanya interasksi antar individu dan individu dengan linkungannya. 

Dalam buku “ Educational Psychologi”, H.C. Witherington mengemukakan bahawa belajae asalah suatu perubahan di dalam keprobadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari reaksi berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepribadian atau suatu pengertian.

Dalam kesimpulan yang dikemukakan oleh Abdillah, belajar adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku baik memlalui latihan dan pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk memperoleh tujuan tertentu. (Aunurrahman, 2010: 35)

Lalu adakah sumber belajar dan apa itu sumber belajar ?

Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu. Secara garid besarnya, terdapat dua jenis sumber belajar yaitu :

Sumber belajar yang dirancang (learning resources by desaign), yaitu sumber belajar yang secara khusus dirancang atau dikembangkan sebagai komponen sistem intruksional untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal.

Sumber belajar yang dimanfaatkan (learning sources by utilization), yaitu sumber belajar yang tidak di desaign khusus untuk keperluan pembelajaran dan keberadaanya dapat ditemukan, diterpakan dan di manfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

Dari kedua sumber belajar tersebut, sumber belajar dapat berbentuk : 

Pesan : informasi

Orang : guru, instruktur, siswa, ahli, nara sumber dan sebagainya.

Bahan : buku, flim, gambar, komik dan sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x