Mohon tunggu...
Higo Indonesia
Higo Indonesia Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Warna dan Hubungannya dengan Keputusan Pelanggan

3 Oktober 2018   00:57 Diperbarui: 3 Oktober 2018   01:07 549
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Warna dan Hubungannya dengan Keputusan Pelanggan | grayscott.com

Mata menjadi panca indra awal yang memengaruhi keputusan pelanggan untuk menyukai segala sesuatu yang mereka bisa lihat. Efek visual seperti warna dan gambar menjadi hal yang paling mendominasi. Berdasarkan penelitian dari Carl Gustav Jung, seorang psikolog ternama dari Swiss, memaparkan warna memiliki kekuatan untuk menentukan suasana hati, emosi, hingga perilaku. 

Niel Patel, seorang ahli pemasaran menyatakan bahwa, hingga delapan puluh persen seorang pembeli sebuah produk dikarenakan warna. Dapat disimpulkan bahwa warna memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pengambilan keputusan pelanggan untuk membeli sebuah barang. Untuk itu, mari kita cari tahu warna-warna yang mampu memengaruhi keputusan pelanggan.

1. Wanita menyuki warna yang cerah

Jika target sasaranmu adalah kaum hawa, penggunaan warna yang cerah lebih disarankan ketimbang warna-warna tanah. Warna cerah akan memberikan stimulasi bahagia  ke dalam otak. Wanita cenderung mudah mengekspresikan apa yang mereka rasakan, sehingga warna cerah akan selalu mendominasi pilihan mereka. Fakta tersebut tidak diabaikan begitu saja, pasalnya banyak perusahaan fashion, kosmetik, dan ecommerce yang menargetkan kaum wanita memilih warna-warna cerah. Seperti ponds yang sangat identik dengan warna pink, wardah yang identik dengan warna hijau telur asin yang menjadi ciri khasnya dan situs berita vemale dengan pilihan warna pink. Itu menjadi bukti bahwa pemilihan warna sangatlah penting untuk menentukan keputusan pelanggan dalam membeli.

2. Pria menyukai warna maskulin

Hitam dan biru menjadi warna yang sering melekat pada kaum adam. Biru identik dengan rasa percaya diri, kepemimpinan, ketenangan, kesetiaan, dan keamanan. Tak jarang banyak perusahaan teknologi menggunakan warna ini sebagai identitas mereka. Lihat facebook, bukan tanpa alasan mereka memilih warna biru untuk identitasnya. Selain biru, hitam juga memiliki makna kekuatan dan ketegasan. Hitam menjadi warna yang paling populer dalam industri otomotif. 

3. Gunakan warna cerah untuk tombol ajakan

Sering melihat tombol ajakan atau CTA saat membuka situs belanja, biasanya warna apa yang sering kamu lihat? Tombol CTA memang identik dengan warna cerah. Pemilihan ini bukan tanpa alasan, tapi warna ini dipilih karena mencolok dan menarik perhatian. Merah, kuning, hijau, dan biru menjadi warna yang paling populer untuk tombol CTA. 

Warna menjadi elemen penting untuk menarik perhatian pelanggan. Memilih warna sebagai identitas perusahaan atau brand kamu bukanlah perkara yang mudah. Kamu bisa mulai dengan kenali siapa target audiance-mu dan gunakan psikologi warna untuk menarik perhatian mereka. Agar brand, produk, atau jasa milikmu semakin dikenal oleh khalayak luas, kamu bisa menjadi bagian HIGOspot di http://higo.id/ dan dapatkan pengalaman iklan yang berbeda, dan buat audiance menonton iklan yang kamu miliki tanpa bisa di skip, dan yang terakhir arahkan mereka untuk mengenal brand kamu lebih dalam dengan masuk ke halaman website atau media sosial yang kamu miliki. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun