Mohon tunggu...
Higo Indonesia
Higo Indonesia Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Penasaran Apa Itu "Unique Selling Proposition"?

18 September 2018   10:00 Diperbarui: 18 September 2018   10:40 485
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penasaran Apa Itu Unique Selling Propositin?

Sudah ada yang pernah dengar kalimat di atas? Bagi sebagian besar orang ungkapan tersebut terdengar asing, tapi bagi kamu yang bermimpi ingin memiliki usaha suatu hari nanti, atau yang sedang dalam penggarapan untuk memulai usaha, ada baiknya mari kenalan dulu dengan "USP".

Secara garis besar Unique Selling Proposition adalah hal unik apa yang membedakan usaha atau produk kamu dengan orang lain, lalu apa manfaat yang usaha atau produk kamu bisa berikan. Dari uraian di atas, buat kamu yang ingin memiliki dan sedang merintis menjadi seorang pembisnis, coba kamu tanyakan pada diri sendiri, apa sebenarnya hal yang unik dan bermanfaat yang usahamu bisa berikan kepada calon membeli. Bagi kamu yang masih merasa kesulitan untuk menemukan unique selling proposition dari usaha atau produk kamu, kamu bisa coba melakukan penjabaran berikut ini.

1. Kenali target pembeli kamu secara lebih dalam

Coba gali lebih dalam, apa sebenarnya masalah yang sering dihadapi oleh target pembeli kamu. Jika kamu ingin memiliki bisnis kuliner dan menargetkan wanita dengan rentan usia 20-35, kamu bisa mulai dengan mengumpulkan informasi perihal pola makan yang menjadi lifestyle mereka, jenis makanan yang menjadi favorit secara umum, kendala yang biasa mereka hadapai dalam memenuhi kebutuhan primer tersebut. Untuk target pembeli dengan rentan usia di atas, biasanya mereka memiliki kesibukan yang padat di luar rungan dan sebagian besar memiliki pola makan yang tidak teratur. Untuk itu, agar produkmu memiliki Unique Selling Proposition, kamu bisa menyediakan menu breakfast dan lunch box yang enak tapi juga sehat. Menu ini bisa mereka pesan dan bayar lewat aplikasi agar semakin memudahkan dan menjadi solusi untuk para wanita yang tidak memiliki waktu untuk membeli makan siang dan ingin hidup sehat.

2. Produk kamu hadir untuk memberikan solusi

Poin ini menjadi penting dan akan menjadi pembeda antara produk kamu dengan orang lain. Berikan gambaran yang spesifik apa yang membedakan produk kamu dengan orang lain atau pesaing binsis dengan sentuhan kreativitas. Buat list solusi apa saja yang bisa kamu tawarkan dan buat itu menjadi video singkat. Langkah ini nantinya akan menjadi iklan yang efektif yang bisa kamu berikan, jangan lupa sebar video tersebut ke media sosial official-nya, karena semakin banyak yang melihat, berarti semakin banyak peluang terbuka lebar.

Jadi untuk menemukan Unique Selling Proposition sebenarnya tidak sulit, kamu hanya perlu memahami apa yang sebenarnya usaha yang ingin kamu buat dan apa visi, misi yang ingin kamu raih dengan menjalankannya, tentunya hal tersebut harus selalu bermanfaat untuk orang lain. Jika kamu sudah menemukan Unique Selling Proposition dari produk kamu, tapi setelah usaha sudah berjalan belum ada peningkatan yang signifikan, mungkin kamu kurang dalam melakukan promosi. Kamu bisa melakukan promosi dengan mudah dan tepat sasaran di HIGOspot, lho. Iklanmu akan dilihat oleh target pembeli yang potensial tanpa bisa di skip. Beriklan lewat teknologi menjadi cara baru untuk memajukan bisnis atau usaha di era digitalisasi. Untuk info selengkapnya, kamu bisa kunjungi http://higo.id/.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun