Mohon tunggu...
Hidayat
Hidayat Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Teknik Industri - Universitas Muhamamdiyah Gresik

Sepatutnya kita harus selalu belajar dalam hal apapun Kunjungan lebih jauh tentang saya (http://www.hidayatsidayu.com/)

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menemukan Hobby, Menjadi Penulis di Kompasiana

21 Juni 2024   19:25 Diperbarui: 21 Juni 2024   19:28 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri: Salah satu dokumentasi saya ketika menulis

Menulislah maka kamu akan di Kenang 

Mengisi waktu luang bagi setiap orang bisa dilakukan dalam bentuk yang berbeda-beda. Seperti halnya saya sendiri, ketika ada waktu luang saya selalu menyempatkan diri untuk menuliskan apapun kejadian atau bentuk kegiatan yang saya lakukan, baik ketika saya berada dalam suatu perjalanan atau pun bahkan ketika di lingkungan pekerjaan. 

Sebagai kata pengantar "Menulislah, Maka kamu akan di Kenang" mungkin sebuah kalimat yang sederhana, akan tetapi cukup bermakna bagi saya. Dengan kata tersebut saya jadi termotivasi untuk terus menulis, dan hal ini saya jadikan sebagai Hobby

Memang menulis adalah sebuah keharusan bagi saya, karena saya pada saat ini berprofesi sebagai Dosen di Universitas Muhammadiyah Gresik. Untuk mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi tentunya setiap dosen dituntut untuk melakukan pengajaran dan penelitian, dan output dari pengajaran harus membuat sebuah rancangan pembelajaran semester beserta buku ajar, serta output dari penelitian adalah publikasi jurnal atau artikel. 

Semenjak saya berprofesi sebagai Dosen, mau tidak mau saya harus menulis, untuk menunjang karir saya. Dan itu sudah saya lakukan semenjak awal tahun 2020. 

Mengenal Kompasiana pada tahun 20221, dari seorang teman yang juga dosen di ITERA Lampung. Awal mulanya hanya menulis untuk meminta dipublish kan di akunnya, akan tetapi ternyata semakin intens saya menulis, akhir nya membuat akun sendiri, sehingga mempermudah saya untuk melakukan publikasi tulisan. 

Dengan adanya platform Kompasiana ini ternyata tidak hanya kebermanfaatan terkait tulisan saya bisa terpublikasi, kama tetapi disini saya juga bisa menemukan orang orang yang dengan latar belakang berbeda yang mencurahkan dalam bentuk tulisan baik dari kegiatan pribadi hingga lingkup umum, berupa opini, berita, fiksi maupun non fiksi bisa saya temukan disini. 

Sudah banyak kegiatan pekerjaan yang saya lakukan di kampus berita nya terpublikasikan di Kompasiana, dan hal ini memberikan ketertarikan tersendiri bagi rekan rekan saya, karena Mereka juga ikutan menulis, yang terkadang juga meminta untuk dipublikasikan di akun saya. 

Selain dari pada itu, mempunyai hoby menulis ternyata sangat menguntungkan, hal ini juga tertera pada beberapa studi tentang dampak menulis terhadap psikologis seseorang, karena bisa me-release stress ataupun tekanan mental. 

Bagi saya menulis di Kompasiana pada saat ini sudah saya jadikan sebagai Hobby, karena tidak hanya menulis, akan tetapi saya bisa secara langsung membaca tulisan orang lain, dengan sudut pandang berbeda. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun