Mohon tunggu...
hestynur safitriana
hestynur safitriana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

KKN RDR UIN Walisongo Kebumen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Artikel tentang Budaya

29 November 2021   01:10 Diperbarui: 29 November 2021   01:26 65 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tradisi Sedekah Laut di Pantai Kali Ratu Kebumen

Hesty Nur Safitriana

Fakultas Ushuluddin dan Humaniora

UIN Walisongo Semarang

hstynrsaf@gmail.com

Abstrak

Tradisi adalah suatu kebiasaan yang berkembang di masyarakat baik yang menjadi adat kebiasaan, atau yang diasimilasikan dengan ritual adat atau agama. Berhubung Indonesia adalah negara kepulauan, tentunya juga tidak dapat lepas dari yang namanya pantai atau laut. 

Tradisi sedekah laut yang ada sudah sejak lama memang masih menjadi panutan atau bahkan sebagai kiblat bagi para nelayan untuk mensyukuri hasil melaut mereka atas apa yang mereka dapat. 

Tradisi sedekah laut yang sudah menjadi ciri khas bagi para nelayan seluruh Indonesia terlebih lagi untuk daerah pesisir merupakan sebuah tradisi yang sudah ada sejak zaman leluhur mereka. 

Masyarakat Indonesia yang pada umumnya masih percaya hal hal yang mistis, meskipun sekarang zaman sudah modern, tetapi masih banyak masyarakat Indonesia yang masih percaya akan keberadaan roh leluhur mereka yang dipercayai dari turun temurun, masyarakat Indonesia mempercayai hal tersebut bukan tanpa alasan, meskipun tanpa sebab yang jelas masyarakat Indonesia takut jika mereka melanggar aturan atau melanggar lisan yang diucapkan para leluhurnya dulu meskipun hal itu belum dibuktikan secara ilmiah.

Kata Kunci : tradisi, laut, nelayan, leluhur dan mistis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan