Mohon tunggu...
Hery Sinaga
Hery Sinaga Mohon Tunggu... Administrasi - Abdi Negara dan Masyarakat

Pahit atau manis, di telan aja.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Dua Pendekatan Ampuh Cara untuk Berhenti Merokok

7 Oktober 2021   15:50 Diperbarui: 8 Oktober 2021   20:24 177 10 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi berhenti merokok. Sumber: suara.com

Entah mengapa setiap kali seseorang menyarankan kepada teman atau keluarga yang perokok agar berhenti merokok, pasti jawaban yang terlontar dari mulut adalah kata susah. 

Mungkin nikotin yang terkandung dalam rokok membuat setiap perokok menjadi candu hingga kesulitan untuk melepaskan diri dari jerat manisnya isapan rokok.

Merokok pada prinsipnya adalah sesuatu hal yang merugikan bagi kesehatan si perokok dan juga orang disekeliling perokok karena terpapar asap rokok serta merugikan dari aspek keuangan karena akan menghabiskan uang untuk membeli rokok.

Aku terkadang bingung, apa sesusah itu kah untuk berhenti merokok atau memang benar-benar susah untuk berhenti merokok secara bertahap apalagi berhenti secara total?

Mungkin kecenderungan jawabannya yang mengarah ke 100 persen benar adalah memang benar-benar susah untuk berhenti merokok secara parsial maupun secara total.

Aku pernah mendengar cerita pengalaman seorang teman yang berusaha untuk berhenti merokok. Dalam perjalanannya berhenti merokok, dia memulai untuk tidak merokok karena alasan kesehatan yang kurang baik.

Dia merasa kesehatannya sangat berharga dan dia memutuskan berhenti merokok agar kesehatannya terjaga dan lebih sehat kembali tidak ternoda nikotin yang terkandung dalam rokok.

Setahun menjalani berhenti merokok berjalan dengan penuh tantangan. Mulutnya yang komat-kamit akan godaan untuk merokok, dia tahan dengan segala benteng pertahanan yang ada padanya agar program tidak merokok berhasil dia laksanakan.

Hingga berjalan dua tahun, tiga tahun, dan sampai dengan lima tahun, niatnya untuk berhenti merokok ternyata berhasil dia lewati. Dia merasa bangga bisa melewati masa waktu 5 tahun berhenti dari yang namanya merokok.

Namun keadaan berkata lain, perjalanan selama 5 tahun jauh dari yang namanya rokok walaupun melewatinya dengan penuh tantangan dan perjuangan, akhirnya dia kembali lagi terjerembap ke dalam mudarat nikotin rokok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan