Mohon tunggu...
Heru Subagia
Heru Subagia Mohon Tunggu... Dosen - Aktivis Kegiatan UMKM ,Relawan Sosial dan Politik

Menulis adalah media ekspresi tampa batas,eksplorasi dan eksploitasi imajiner yang membahagiakan . Menulis harus tetap bertangung jawap secara individu dan di muka umum. . Hobi menulis disela -sela kesibukan menjaga toko ,mengurus bisnis ,berkegiatan di umkm dan politik dan bisnis. Lingkungan hidup juga menjadi topik utana bagi penulis untuk advokasi publik berkaitan isu isu penyelamatan dan pelestarian alam . Mari kita gemar menulis , mendobrok tradisi ,menambah literasi dan menggugat zona nyaman berbagai kehidupan .

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Jokowi Menjadi Diplomat Ulung Level Dunia

28 Juli 2022   09:03 Diperbarui: 28 Juli 2022   09:33 155 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Gebrakan Presiden dan Kemenlu dalam  kegiatan dan agenda menjalankan politik luar negeri indonesia di kancah dunia mendapatkan dukungan positif di dalam negeri atau internasional. 

Perjalanan Safari politik Jokowi di berbagai negara dan kawasan menjadikan isu-isu pembicaraan perdamaian dan ekonomi  sangat  menarik dan telah mencuri perhatian dunia dan masyarakat internasional. 

Sepantasnya  Jokowi harus diacungi jempol. Setelah banyak menyita perhatian dunia dalam lawatan misi perdamaian untuk Rusia dan Ukraina ,  Jokowi kembali melakukan manuver agenda politik di kawasan Asia Timur

Tiga negara dalam rumpun Asia ( China ,Jepang dan Korea Selatan ) ini menjadi prioritas selanjutnya untuk dikunjungi Presiden Jokowi . Agenda kunjungan ketiga negara tersebut akan dilangsungkan selama 5 hari kerja dari tanggal 25-30 Juli 2022.

 Jokowi  melakukan kunjungan kenegaraan ke  negara Asia Timur untuk menunjukkan peran aktifnya Indonesia  baik dalam agenda kegiatan mendukung kebijakan politik  luar negeri bebas dan aktif .Indonesia ingin  memberikan petunjuk peranan Indonesia kancah politik dan ekonomi dunia sangat agresif.

China negara pertama yang dikunjungi Presiden Jokowi  dalam lawatan di Asia Timur  di lanjutkan ke Jepang dan berakhir di Korea Selatan.

Mengapa Jokowi lebih memprioritaskan tiga negara tersebut dengan berbagai alasan penting. Pertimbangan pencapaian tujuan agenda kunjungan tersebut tidak lepas pada isu  dan  terkait dengan kepentingan nasional dan kondisi struktur geopolitik di wilayah  Asia dan Asean.

Agenda pembicaraan antara tiga  kepala tinggi negara dengan  Indonesia memiliki jangkauan arti dan persepsi sangat menarik dalam  kebijakan hubungan internasional yang selama ini telah dibina dan akan diteruskan atau dikembangkan lebih jauh oleh masing- masing negara.

Indonesia saat ini sedang memiliki jabatan internasional yang sangat strategis seperti sedang menjabat sebagai Presiden G 20.Tentunya Indonesia mempunya nilai tawar tinggi dalam kancah diplomasi dunia.

Konstalasi politik dan keamanan  di wilayah Asia akan menjadi isu paling hangat di bahas baik dalam agenda pertemuan dengan Pemimpin 3 negar tersebut.

 Disinilah Indonesia akan menjadi magnet sentral dalam setiap agenda isu yang akan dibahas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan