Mohon tunggu...
HERNAWATI
HERNAWATI Mohon Tunggu... Guru - TK Melati Sadai - Tukak Sadai - Bangka Selatan - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Saya Hernawati seorang guru di salah satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TK Melati Sadai

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenalkan Lambang Bilangan Melalui Bermain Kantong Angka pada Anak Kelompok 8

10 Desember 2022   10:39 Diperbarui: 10 Desember 2022   10:44 641
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

 

 

 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah:

Selama menjadi guru di TK Melati Desa Sadai Kelompok B ditemukan masalah dalam perkembangan kognitif yaitu beberapa anak yang masih rendahnya kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan . Hal ini terlihat ketika guru menanyakan lambang bilangan kepada anak sesuai dengan jumlah benda anak tidak bisa menjawab dan sebagian tidak memperhatikan karena lebih asyik bermain dan mengobrol dengan temannya, anak sering berpindah pindah tempat duduk, mengurutkan angka sering terbalik dan tidak merespon apa yang ditanya oleh guru. Beberapa  faktor yang menjadi penyebab masih rendahnya  kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan  adalah (1) Media pembelajaran yang digunakan guru dalam mengenal lambang bilangan kurang menarik anak,  (2) Metode dan model pembelajaran yang digunakan guru  kurang bervariasi dan inovatif, (3) Dalam proses pembelajaran guru kurang mampu melakukan pendekatan  kepada anak.

 

Praktik ini penting untuk di implementasikan karena: 

Karena adanya masalah tersebut, maka solusi yang relevan  untuk menyelesaikan masalah masih rendahnya  kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan  adalah dengan membuat media pembelajaran "Kantong  Angka" dan model pembelajaran project based learning  (PjBL), pendekatan saintifik dan metode pembelajaran  tanya jawab, diskusi, dan praktek langsung yaitu membuat  "Gurita Angka". Melalui pembelajaran dengan  media "Kantong Angka" dan model pembelajaran PjBL  dengan membuat "Gurita Angka" dapat bermanfaat  mengembangkan kemampuan kognitif anak (mengenal lambang bilangan). Selain mengembangkan aspek kognitif  anak, juga dapat mengembangkan aspek perkembangan  sosial emosional anak, motorik halus, bahasa, norma dan  agama serta seni anak. Kegiatan itu juga dapat melatih  anak berpikir kritis,  mengingat,  menalar, mengkomunikasikan sehingga menjadikan pembelajaran  yang bermakna bagi anak.

Peran dan tanggung jawab guru dalam praktik ini : 

Peran dan tanggungjawab dalam praktik pembelajaran  sebagai guru yaitu membuat perangkat pembelajaran yang  menarik dan memotivasi anak untuk mengenal lambang bilangan melalui permainan kantong angka dan pembelajaran yang berbasis PjBL, menggunakan pendekatan saintifik,melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun