Mohon tunggu...
Herdy Soepono
Herdy Soepono Mohon Tunggu... Seniman - Seniman Origami

Saya seorang seniman origami. Designer origami dan narasumber kegiatan dengan tema origami, seperti pelatihan, diskusi dan event yang ada origami sebagai salah satu kegiatannya.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Dari Hobi Menjadi Seniman Internasional

14 Februari 2022   19:29 Diperbarui: 14 Februari 2022   19:30 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Saya punya hobi membuat origami. Hobi yang sedikit orang punya. Biasanya orang punya hobi membaca, menulis, nonton,naik gunung, jalan- jalan dan lainnya. Tapi ya itulah saya. Kebetulan suka dengan dunia anak. Jadi bisa nyambung.

Punya hobi origami bisa menjadi profesi. Lho kok bisa? Terus profesi apa? Seniman dan Trainer.

Awal mulanya begini. Saya suka dunia anak. Saya cari informasi kegiatan yang sering dilakukan anak. Dari macam kegiatan, saya tertarik dengan menyanyi dan melipat. Saya coba cari informasi lebih dalam. Setelah saya dapat informasi banyak, saya lebih tertarik ke origami. Salah satunya karena jarang ada orang yang bergelut di  origami.

Mulailah saya belajar origami. Singkat cerita, saya ikut Training for Trainer. Jreeeeeeng. 2011 mulailah mencuri ilmu dari guru - guru origami saya. Mengikuti workshopnya, kemudian saya pelajari. Bagaimana menjadi trainer atau narasumber pelatihan.

Selanjutnya, saya coba untuk membuat design origami sendiri. Di Indonesia, masih jarang orang yang bisa membuat design origami sendiri.  Tahun 2013, saya sudah bisa membuat design sendiri. Dan yang membuat saya bangga, origami saya dimuat di USA Origami. Origami simpel dan sederhana bisa tembus luar negeri. 

Sejak saat itu saya mulai mengisi media sosial saya dengan origami. Baik design orang lain maupun design saya sendiri. Akhirnya dikenal dengan nama "Herdy Origami". Dan mulai ada yang mengundang saya untuk menjadi narasumber di berbagai kegiatan pelatihan.

Saya juga terus membuat design origami sendiri. Dan saya kirim tutorialnya untuk kegiatan konvensi origami di dalam dan di luar negeri. Dan sampai saat ini origami saya sudah masuk di buku konvensi origami di berbagai negara. 

Menekuni hobi bisa menjadi sangat bermanfaat bagi kita. Kalau kita tekuni, hobi kita bisa menjadi profesi yang menghasilkan uang. 

Jadi, tekuni hobimu. Siapa tahu hobimu menjadi profesimu.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun