Mohon tunggu...
hera fajira
hera fajira Mohon Tunggu... herapai

Mahasiswa Jurusan Pai

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penjualan Bakso di Masa Pandemi Covid-19

19 April 2021   23:56 Diperbarui: 20 April 2021   00:36 68 1 0 Mohon Tunggu...

Bakso Bang Putra

Bakso adalah bahan pangan yang terbuat dari daging  sebagai bahan utama. Baik daging sapi, ayam, bahkan cumi-cumi. Daging dihaluskan dan dicampur dengan bahan tambahan lain serta bumbu-bumbu sehingga bakso menjadi lebih lezat. Umumnya bakso dibentuk menjadi bulatan-bulatan menyerupai bola, karenanya orang luar negeri menyebutnya sebagai meat ball alias bola daging cincang. 

Cita rasa bakso yang lezat dan tekstur yang lembut dan kenyal menjadikan bakso disukai kalngan anak-anak hingga orang dewasa. Bakso pada umumnya diolah menjadi beragam hidangan, seperti bakso kuah, bakso panggang, sate bakso, tumis bakso dan beragam hidangan bakso lainnya.

           

"Bakso ", kata bakso ini tidak terdengar asing lagi dikalangan masyarakat, saat ini usaha bakso sudah ada dimana-mana,dan bakso bang putra ini mendapat omzet dengan total 250 rupiah per hari baksonya sampai habis, kalau tidak habis baksonya omzetnya kecil. Di rumah sederhana yang ditempatkan itu terdapat bangunan kontrakan. rumah sederhana itu hanya sebagain dari bapak putra

Melalui usahanya sendiri yang didirikan pada tahun 1995 silam, pak putra  kini menjadi juragan waralaba bakso  dengan brand "Bakso bang putra". Perusahaan bapak lima anak ini sekarang membawahi 3 cabang gerai Bakso. Omzet masing-masing gerai berkisar Rp 3 juta sampai Rp 6 juta per hari, atau sekitar Rp 500 juta per hari untuk semuanya

Ia mulai memasak bakso sejak pukul 04.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) dini hari, barulah berjualan pada pukul 11.30 WIB pagi hingga malam pukul 23.08 WIB.

Dalam proses pembuatannya, bakso yang dicampur daging ayam dan daging sapi kemudian dicampurkan lagi dengan tepung untuk membuat menjadi lebih kenyal  dan lembut. Karena proses  ini membuat bakso pernah dianggap makanan yang sangat enak apalagidimakan saat hujan duhhh sedappp banget dahhh.. dan tentunya bakso ini tidak ada campuran boraks sedikitpun insya allah aman,.

Berkat kegigihannya pak putra,  mendapatkan kesempatan untuk mempeerluas warung baksonya tersebut, rencananya akan dibuka 2 cabang bakso lagi. Ya walaupun masih dalam rancangan tetapi jika kita berniat dan sungguh-sungguh pasti semua  akan tercapai sesuai harapan dan target, lagi-lagi ketiadaan dana menjadi hal yang terus menghambat bisnis  pak putra.

Karena pak putra masih terus berkeinginan meneruskan usaha tersebut, dia mendapat sokongan dana dari keluarganya. Dari titik inilah kesuksesan pak putra semakin terlihat.

Bakso termasuk salah satu makanan jalanan paling enak dan populer di kota-kota dan desa-desa di Indonesia.Pedagang keliling yang bepergian ke sekola-sekolah terdekat, baik dengan kereta atau sepeda sering mengunjungi daerah gang-gang rumah setempatnya, sementara bakso warung dan tenda sederhana sering bermunculan di pinggir jalan di kota-kota di Indonesia.

VIDEO PILIHAN