Mohon tunggu...
Marhento Wintolo
Marhento Wintolo Mohon Tunggu... Dosen - Praktisi Ayur Hyipnoterapi dan Ananda Divya Ausadh

Praktisi Ayur Hypnotherapy dan Neo Zen Reiki. Menulis adalah upaya untuk mengingatkan diri sendiri. Bila ada yang merasakan manfaatnya, itupun karena dirinya sendiri.....

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Mantra untuk Menaklukkan Dunia

12 Oktober 2021   08:00 Diperbarui: 12 Oktober 2021   08:05 42 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mantra Penakluk Dunia

Mantra merupakan singkatan dari dua kata, manas dan yantra. Manas berarti pikiran, sedangkan yantra berarti alat. Alat untuk mengendalikan Gugusan Pikiran dan Perasaan supaya tidak berkeliaran tanpa kendali ke segala penjuru, ke mana-mana ( Soul Awareness by Anand Krishna, www.booksindonesia.com ).

Banyak orang salah Memberikan makna serta tujuan dari mantra. Di sinilah perbedaan antara pemahaman umum dan pengertian kebijakan peradaban Sindhu, peradaban leluhur kita. Kita tidak mengimpor kebudayaan asing. Tujuan penciptaan mantra atau tool ini adalah untuk mengalihkan perhatian agar pikiran kita sebagai sumber masalah. Selama masalah kita adalah keserakahan. Dunia ini penuh keserakahan. Menjadi penakluk dunia berarti kita menaklukkan sifat keserakahan dalam diri kita.

Dalam pengertian umum, mantra dijadikan alat untuk menguatkan pikiran, menguatkan ego untuk meraih kenyamanan indrawi. Bila mantra untuk menguatkan pikiran artinya kita menjadi budak nafsu. Nah ini tidak sesuai dengan makna dari kata 'mantra' yang diwariskan leluhur kita.

Memutuskan Rantai

Ya, pangkal masalah yang terjadi adalah ketika mata atau telinga kita sebagai meneruskan informasi ke otak. Sebelum hubungan antara indra persepsi tercipta, jalur atau rantai hubungan ini kita putuskan denna mengalihkan perhatian dengan mantra. Silakan baca secara lengkap pada buku Soul Awareness.

Informasi dari indra persepsi ke otak, kemudian diolah oleh perasaan. Rasa suka tidak suka bukan berasal dari otak, tetapi hasil pengolahan pikiran mengakibatkan emosi bergejolak. Dengan demikian, para bijak dari peradaban Timur telah berhasil memutuskan mata randai penyebab kekacauan.

Penakluk Dunia Pikiran

Pada kenyataannya, setiap orang hidup dalam dunia pikiran kita sendiri. Dunia pikiran telah menciptakan persepsinya sendiri. Sebagai contoh. Ada seseorang yang bekerja sebagai pemotong rambut artis. Kadang oleh si artis, tukang potong rambut tersebut diajak minum kopi di cafe atau hotel berbintang dengan harga kopi yang mahal.

Suatu ketika, si pemotong rambut sudah tidak lagi berhubungan dengan artis. Karena sudah menjadi kebiasaan, ia menciptakan dalam pikirannya sendiri bahwa gaya hidup minum kopi di cafe dan hotel berbintang sebagai pola hidup. Maka dengan gaji atau penghasilan yang ia miliki, ia meneruskan life style nya. Bisa diduga sediri........... ya bangkrut........

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan