Mohon tunggu...
AKIHensa
AKIHensa Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

FIFA "Tidak Menjatuhkan Sanksi" atas Tragedi Kanjuruhan

8 Oktober 2022   06:26 Diperbarui: 8 Oktober 2022   21:44 404
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Presiden Jokowi memastikan Indonesia tidak dikenakan sanksi FIFA (Foto Dokumen Sekretariat Presiden via Kompas.com). 

FIFA, Federasi Sepak Bola Dunia akhirnya memberikan jaminan bahwa mereka tidak menjatuhkan sanksi atas kejadian memilukan di Stadiun Kanjuruhan Kabupaten Malang. 

Kepastian tersebut disampaikan Presiden Jokowi yang diunggah melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden. Dalam pernyataannya Presiden Jokowi sudah menerima surat resmi dari FIFA tertanggal 5 Oktober 2022. 

  • Lolos Sanksi FIFA

Lolosnya  Indonesia dari sanksi FIFA tentu saja ini adalah kabar yang sangat menggembirakan bagi semua stake holder sepak bola Indonesia. 

Terutama berkaitan dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia tahun 2023. Selama ini yang sangat mengkhawatirkan adalah jika mendapatkan sanksi FIFA, maka ajang Dunia tersebut juga ikut batal. 

Kepastian tidak ada sanksi dari FIFA ini seharusnya menjadikan kita lebih bersemangat lagi memperbaiki segala kekurangan pengelolaan sepak bola Indonesia. 

Menurut Presiden Jokowi dalam surat itu Gianni Infantino, Presiden FIFA sangat mendukung penuh dalam menata kembali upaya perbaikan pengelolaan sepak bola Indonesia. 

Surat FIFA tersebut merupakan kelanjutan dari pembicaraan langsung Presiden Jokowi dengan Gianni Infantino melalui telpon beberapa hari yang lalu. 

Kedua pemimpin ini sempat berdiskusi untuk memperbaiki pengelolaan sepak bola di Indonesia dan melakukan rencana aksi usai terjadinya tragedi kerusuhan di Kanjuruhan. 

  • Respon FIFA Bukti Perhatian pada Sepak Bola Indonesia

Respon cepat dari FIFA ini menunjukkan bahwa FIFA sangat memperhatikan pembinaan untuk perkembangan dan kemajuan sepak bola Indonesia di masa depan. 

Tragedi Kanjuruhan adalah peristiwa yang patut dipahami sebagai kecelakaan memilukan yang tidak boleh terulang kembali. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun