Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jelang Indonesia Vs Thailand, Siapa Kawal Lini Belakang Garuda?

10 September 2019   04:54 Diperbarui: 11 September 2019   04:10 0 22 17 Mohon Tunggu...
Jelang Indonesia Vs Thailand, Siapa Kawal Lini Belakang Garuda?
Foto dok. PSSI (pssi.org)

Lini belakang Timnas Garuda banyak disorot, menjelang laga matchday kedua grup G antara Indonesia melawan Thailand pada Selasa (10/9/19) di Stadion Gelora Bung Karno pukul 19.00 WIB. 

Masih teringat 3 gol Malaysia ke gawang Garuda, dua gol dari Mahamadou Sumareh, pemain naturalisasi Malaysia asal Gambia dan sebuah gol sundulan dari Syafik Ahmad. Tiga gol tersebut sebenarnya karena andil lini belakang Timnas Garuda yang kehilangan fokus dan kurang komunikasi.

Bek tengah Hansamu Yama dan Manahati Lestusen sering miskomunkasi menutup umpan silang Malaysia. Mereka juga sering kalah dalam duel-duel bola atas. Begitu pula sering terlambat menutup pergerakkan para gelandang serang Malaysia.

Khusus menjadi sorotan adalah dua gol Sumareh yang sebenarnya tidak perlu terjadi jika Andritany dalam top formnya. Banyak pengamat mempertanyakan performa Andritany yang bermain di bawah kemampuan terbaiknya. 

Gol pertama Sumareh yang terjadi di babak pertama dengan tembakan kaki kiri menyusur silang di depan Andritany. Andai saat itu Andritany melakukan blocking dengan tangan kirinya dipastikan bola tersebut akan terjangkau.

Begitu pula gol ketiga kemenangan Malaysia di detik akhir laga yang dicetak Sumareh, seharusnya Andritany memotong umpan Matthew Davies dengan menjatuhkan badan untuk menjangkau bola dengan tangan kanannya. 

Namun, saat itu kembali Andritany beraksi dengan kaki kanannya, gagal memotong bola. Memang sangat disayangkan gol yang menyakitkan itu harus terjadi.  

Kini menghadapi Thailand sorotan pada lini belakang semakin menjadi perhatian para pengamat. Apakah Andritany akan tetap dipertahankan menjadi penjaga gawang dengan dua palang pintu Hansamu Yama dan Manahati Lestusen?

Simon McMenemy tentu sudah memikirkan hal tersebut. Pelatih asal Skotlandia ini sudah mengenal baik karakter dan kemampuan para pemainnya. 

Begitupula beberapa pemain Thailand sudah mendapat catatan tersendiri untuk diwaspadai pergerakkannya. Simon sangat terkesan dengan dua pemainThailand ini yaitu Chanathip Sonkrasin dan Supachok Sarachat.

"Thailand walaupun masih transisi di bawah pelatih baru seperti saat mereka melawan Vietnam, namun tetap berbahaya pemainnya sama masih ada Chanatip Songkrasin. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2