Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Timnas Garuda Muda Harus Optimis Hadapi Myanmar di Piala AFF U-22

18 Februari 2019   09:51 Diperbarui: 18 Februari 2019   14:32 0 14 8 Mohon Tunggu...
Timnas Garuda Muda Harus Optimis Hadapi Myanmar di Piala AFF U-22
Marinus Wanewar dan pemain Timnas U-22 Indonesia melakukan selebrasi usai membuat gol saat uji coba lawan Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Selasa (12/2/2019) | Surabaya.Tribunnews.com/Sugiharto

Benar, harus optimis dalam laga perdana Timnas Garuda Muda melawan Myanmar. Pada sesi latihan dalam rangka persiapan terakhir sebelum melakoni laga perdana di ajang Piala AFF U-22 2019 di AUPP stadium, Minggu (17/2) pagi, skuat asuhan Indra Sjafri terus fokus mematangkan pola permainan dan menjaga kebugaran.

"Kami jauh-jauh ke sini tentu targetnya menang. Mudah-mudahan pertandingan bisa berjalan lancar dan kita bisa meraih hasil positif," kata coach Indra optimis seperti dilansir PSSI.org (17/2/19). Suasana optimis itu sangat penting dan kondisi tim yang sedang penuh dengan semangat juang untuk meraih hasil terbaik di ajang ini.

Menurut Indra, timnas asuhannya sudah mempersiapkan pola dan skema permainan melawan Myanmar. Selama ini Indra sudah hafal benar cara bermain Myanmar yang gemar menggunakan long ball.

"Yang pasti kita tidak akan membiarkan tim lawan memainkan bola terlalu lama dan siap menekan dari awal dengan gaya khas kami," kata Indra seperti dilansir PSSI.org (17/2/19).

Formasi 4-3-3 yang menjadi andalan Indra Sjafri kemungkinan besar akan diterapkan dalam laga ini. Indra juga bisa menyesuaikan formasi tersebut menjadi 4-2-3-1 sesuai dengan situasi di lapangan. Trio lini tengah Garuda Muda kemungkinan menurunkan Gian Zola sebagai pengatur serangan, Hanif Syahbandi lebih berfungsi sebagai pivot keseimbangan tim bersama Todd Ferre. Sementara Witan Sulaeman dan Oswaldo Haay berada di posisi sayap yang menunjang striker tunggal Marinus Wanewar.

Lini belakang memiliki duet stoper Rachmat Iriyanto atau Andy Setyo dan Nurhidayat. Didamping duet full back, Firza Andika dan Asnawi Mangkualam. Penjaga gawang kemungkinan ditugaskan kepada Muhammad Riyandi.

Dengan komposisi seperti ini, Garuda Muda sudah siap bertarung dengan penuh percaya diri.  Gelandang serang mereka, Gian Zola memberikan respon positif dengan mengajak rekan-rekannya meraih  poin penuh atas Myanmar.

"Kita semua sepakat, pertandingan pertama lawan Myanmar harus fokus karena itu akan menentukan langkah Indonesia selanjutnya. Kita harus mendapatkan hasil positif agar ke depannya bisa lebih mudah," kata Zola, dirilis PSSI.org (17/2/19).

Zola tidak berlebihan untuk mengajak skuat Timnas U-22 meraih kemenangan karena selama ini mereka sudah melakukan persiapan yang sangat cukup. Maka tunggu apa lagi inilah saatnya mereka membuktikan kualitas sebagai tim yang diunggulkan.

Agenda yang dirilis Aseanfootball.org (15/2/19). Piala AFF U-22 2019 akan berlangsung 17-26 Februari di Kamboja. Indonesia tergabung di grup B bersama tuan rumah Kamboja, Malaysia dan Myanmar. Sedangkan di grup A dihuni oleh  Thailand, Vietnam, Timor Leste, dan Laos. Dua tim teratas masing-masing grup akan memastikan lolos ke babak semifinal dengan sistem silang. Pemenang pada semifinal berhak memperebutkan Piala AFF U-22.

Bravo Timnas Garuda Muda