Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Laga Liverpool Vs Leicester, Beda Klop dan Puel Tentang Putusan Wasit Atkinson

1 Februari 2019   00:05 Diperbarui: 1 Februari 2019   00:54 128 10 6 Mohon Tunggu...
Laga Liverpool Vs Leicester, Beda Klop dan Puel Tentang Putusan Wasit Atkinson
Claude Puel Manager Leicester (Foto Premierleague.com)

Ada kejadian yang mungkin jangan sampai terlewatkan dalam laga Liverpool versus Leicester yang berakhir 1-1 di Stadion Anfield, Kamis (31/1/19). Menurut Premierleague.com (31/1/19) hasil imbang ini tetap tidak mengubah posisi Liverpool dipuncak klasemen dengan 61 poin hanya selisih 5 poin dengan City ditempat ke-2.

Ternyata persoalan wasit bukan terjadi di Liga Indonesia saja namun hal yang sama terjadi juga di Premier League. Saat laga penting itu, Jurgen Klopp mengecam wasit Martin Atkinson karena tidak memberi Liverpool hadiah tendangan penalti.

Menurutnya pelanggaran itu yang paling jelas dilihatnya bahkan oleh semua orang yang hadir di Stadion Anfield saat timnya kehilangan poin di kandang sendiri dari Leicester.

Naby Keita sangat terlihat dilanggar sangat kasar dan terang-terangan di depan wasit Martin Atkinson. Gelandang Liverpool Keita saat akan melepaskan tembakan ke gawang dari jarak dekat ketika kakinya diinjak Ricardo Pereira. Naby Keita terjatuh di area penalti Leicester, namun wasit Atkinson membiarkan hal tersebut  dan tetap melanjutkan permainan.

Naby Keita dilanggar di area penalti (Foto Thesun.co.uk)
Naby Keita dilanggar di area penalti (Foto Thesun.co.uk)
Setelah hasil imbang 1-1 tersebut, Jurgen Klopp mengatakan dalam jumpa Pewarta seperti dilansir Thesun.co.uk (31/1/19) : "Itu mungkin adalah situasi penalti paling jelas yang kami miliki. Wasit berada di posisi terbaik di lapangan. Kamu harus bertanya kepadanya mengapa dia tidak memberikan penalti. Kamu tidak bisa mengubahnya."

Hal yang sama diutarakan gelandang Liverpool, Jordan Henderson yang memiliki pendapat sama dengan Klopp. "Itu tampak seperti penalti dari tempat saya berada. Wasit lebih dekat dariku jadi dia memiliki pandangan yang lebih baik. Kamu mungkin akan tahu lebih baik dariku!" Kata Henderson seperti dilansir Thesun.co.uk (31/1/19).  

Berbeda dengan Klopp, maka Bos Foxes, Claude Puel tidak setuju dengan pendapat pelatih Liverpool asal  Jerman itu. Puel mendukung keputusan wasit. Dia menjawab ketika ditanya tentang keputusan itu: "Apakah Anda seorang penggemar Liverpool? Itu adalah pertanyaan yang sama. Saya pikir kami memiliki keputusan yang tepat dari wasit. Tidak ada alasan untuk Liverpool." Katanya seperti dilansir Thesun.co.uk (31/1/19).

Wasit Martin Atkinson yang memimpin laga tersebut seolah mengabaikan pelanggaran tersebut dan juga mengabaikan penglihatan 50 ribu pasang mata yang ada di Anfield. Benarkah demikian?

Jika Klopp berbeda pendapat tentang insiden tersebut dengan Puel adalah hal yang wajar karena mereka adalah dua sisi yang berbeda. Namun jika ada penonton seisi stadion berbeda dengan wasit yang memimpin sebuah laga, maka ada hal yang menggelitik perlu dipertanyakan siapa sebenarnya yang benar. Kok seperti di Liga Indonesia ya..

#hensa #kompasiana #premierleague 

VIDEO PILIHAN