Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Laga Indonesia Versus Filipina Jadi Penentu 3 Negara Ini Lolos ke Semifinal AFF Cup 2018

22 November 2018   07:05 Diperbarui: 22 November 2018   10:12 831 22 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Laga Indonesia Versus Filipina Jadi Penentu 3 Negara Ini Lolos ke Semifinal AFF Cup 2018
Timnas Garuda (Foto PSSI.org)

Filipina yang dikenal dengan julukan Azkals telah menjelma menjadi kekuatan baru sepakbola ASEAN yang selama ini selalu dikuasai oleh Thailand. Menurut FIFA.com (28/10/18), saat ini Azkals memiliki ranking 116 FIFA di kawasan ini sementara Indonesia ranking 160 dan Thailand ranking 121. Kekuatan Filipina mereka buktikan ketika dalam lanjutan Piala AFF Grup B berhasil menahan 1-1 juara bertahan Thailand di Panaad Stadium Bacolod, Rabu (21/11/18).  

Dari catatan Aseanfootball.org (21/11/18), Thailand tidak terkalahkan dari Filipina dalam 16 pertemuan terakhir mereka dalam 46 tahun. Dalam laga malam itu Thailand sempat unggul pada menit ke-56 berkat gol Supachai Jaided. Tembakan pemain muda ini menembus gawang yang dijaga kiper Michael Falkesgaard.

Namun sembilan menit menjelang waktu normal usai, Filipina akhirnya mencetak gol penyama kedudukan hasil tembakan Jovin Bedic yang mengenai pemain Thailand dan membentur tiang sebelum melewati garis gawang Chatchai Bootprom. Filipina terhindar dari kekalahan dan berhasil membuka peluang lolos ke semifinal.

Pelatih Filipina, Eriksson (Foto Republika)
Pelatih Filipina, Eriksson (Foto Republika)
Pelatih timnas Filipina Sven-Goran Eriksson mengaku senang melihat hasil akhir pertandingan ini karena Filipina masih aman di posisi kedua klasemen sementara Grup B dengan 7 poin hanya kalah selisih gol dari Thailand yang berada di posisi pertama.

Phil Younghusband, Daisuke Sato, Manuel Ott, Stephen Schrock akan berhadapan dengan Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno pada Minggu (25/11/18) sebagai laga penentu lolos tidaknya mereka ke babak semi final.

Laga ini juga sangat menentukan lolos tidaknya Singapore dan Thailand yang juga melakukan laga terakhir mereka di Bangkok. Mari kita simak klasemen seperti gambar di bawah ini. Thailand memimpin dengan 7 poin unggul surplus 9 gol. Filipina di tempat kedua dengan poin yang sama namun memiliki surplus 2 gol sementara Singapore ada ditemopat ketiga dengan 6 poin dan surplus 5 gol.

Sumber Foto Instagram.com/foxsportsasia
Sumber Foto Instagram.com/foxsportsasia
Melihat posisi ini, Thailand sudah memastikan berada di semi final minimal sebagai runner up. Mereka dalam laga terakhirnya menjamu Singapore di Stadion Rajamangala Bangkok, Minggu (25/11/18). Sementara itu Filipina pada waktu yang sama harus memenangkan laga terakhirnya melawan tuan rumah Indonesia jika ingin lolos ke semi final. Kemenangan membuat Filipina meraih 10 poin tidak mungkin terkejar Singapore yang maksimal memiliki 9 poin jika menang atas Thailand.

Jika kalah dari Indonesia maka Filipina terancam tersingkir karena Singapore cukup bermain imbang dengan Thailand. Walaupun poinnya sama namun Singapore memiliki selisih gol lebih baik (Surplus 5 gol) dari Filipina (Surplus 2 gol).

Thailand sendiri bisa tersisih dari persaingan di Grup B jika kalah dari Singapore dan Filipina mengalahkan Indonesia. Sehingga posisi terakhir Filipina juara grup dengan 10 poin, Singapore runner up dengan 9 poin, Thailand diposisi ketiga dengan 7 poin.

Sangat menarik ditunggu persaingan ketat di grup B ini. Tetapi sayangnya Timnas Garuda tidak terlibat dalam persaingan tersebut. Kendati demikian justru Indonesia sangat berperan menjadi penentu kelolosan tim lain di grup ini terutama Filipina dan Singapore.

Kita tunggu laga terakhir Garuda versus Filipina. Bravo Merah Putih.

#hensa #kompasiana #AFFCUP2018 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x