Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Akibat Ulah Wasit di Wembley Stadium, Inggris Harusnya Tidak Kalah dari Spanyol

9 September 2018   18:45 Diperbarui: 9 September 2018   19:35 938 8 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Akibat Ulah Wasit di Wembley Stadium, Inggris Harusnya Tidak Kalah dari Spanyol
Harry Kane dan Rashford harus mengakui keunggulan Spanyol (Foto Getty Images)

UEFA Nations League sudah dimulai dan Inggris, semi finalis Piala Dunia Rusia 2018 ini harus mengakui keunggulan Spanyol di Wembley Stadium pada Sabtu (08/09/2018) pukul 19.45 waktu setempat atau Minggu (9/9/18) dini hari WIB.  The Three Lions berada di grup A 4 bersama Spanyol dan Kroasia. Setelah kalah 1-2 dari Spanyol selanjutnya Tim asuhan Gareth Southgate ini akan berhadapan dengan Kroasia.

Bagi Manager Gareth Southgate, ini adalah kekalahan yang ketiga berturut-turut sejak semifinal Piala Dunia Rusia ketika kalah 1-2 dari Kroasia dan 0-2 dari Belgia dalam perebutan tempat ketiga. Malam itu sebenarnya Inggris sempat unggul terlebih dulu pada menit ke-11 melalui gol Marcus Rashford hasil asis dari Luke Shaw. Namun setelah itu hanya 2 menit gol Spanyol berhasil dicetak oleh Saul Niguez, gelandang Atletico Madrid untuk menyamakan kedudukan. Rodrigo Valencia mencetak gol kemenangan menjadi 2-1 untuk Spanyol pada 32 menit babak pertama.

Inggris menunjukkan semangat tinggi untuk menyamakan kedudukan pada babak kedua bahkan berusaha meraih kemenangan. Waktu terus berlari menuju 90 menit mendekati akhir laga. Saat menit ke-97 inilah gol itu akhirnya datang dari kaki Danny Welbeck. Namun gol penyama kedudukan ini tidak diakui oleh Danny Makkelie. Wasit asal Belanda ini memutuskan bahwa Welbeck dianggap telah menghalangi kiper David De Gea sebelum dia mengubah bola ke gawang yang kosong. Apa boleh buat fans The Three Lions harus kecewa. Ternyata ulah wasit selalu saja ada di belahan Dunia.

Termasuk Harry Kane mengutarakan rasa kecewanya. "Di saat-saat Anda menghadapi laga besar maka dibutuhkan wasit tegas yang tidak membuat keputusan salah di bawah tekanan. Danny Welbeck berdiri di sana, De Gea meloncat dan dia menangkap bola, tetapi ketika dia jatuh, dia jatuh ke Danny. Sama sekali tidak ada pelanggaran atau apapun, dan bola jatuh." Demikian Kane seperti dilansir Telegraph.co.uk (9/9/18)

Meskipun demikian Kane menganggap bahwa ini adalah pertandingan yang bagus sebagai ujian melawan tim yang menjaga bola dengan baik. Kane menganggap bahwa laga melawan Spanyol itu sangat sulit, tetapi ternyata Inggris memiliki cara yang tepat dalam permainan dan menciptakan peluang yang lebih baik. Dalam laga tersebut Inggris sudah mencoba menekan dan bermain dengan intensitas tinggi.

Manager Inggris, Gareth Southgate (Foto Skysports.com)
Manager Inggris, Gareth Southgate (Foto Skysports.com)
Sementara itu Southgate, Sang Manajer juga telah memprotes keputusan wasit Makkelie. Dia yakin gol Welbeck seharusnya sudah terjadi. Namun Southgate tetap mengakui selama 90 menit, Spanyol lebih baik dari Tim asuhannya dengan unggul atas penguasaan permainan. Southgate harus mengakui bahwa mereka layak sebagai pemenang terlepas dari keputusan wasit.

Skysports.com (8/9/18), memberi rating kepada para pemain yang berlaga malam itu. Untuk Tim Inggris : Pickford (6), Trippier (7), Gomez (6), Stones (7), Maguire (6), Shaw (7), Henderson (5), Lingard (6), Alli (5), Rashford (7), Kane (5). Pemain pengganti : Rose (7), Dier (5), Welbeck (6)

Untuk Spanyol : De Gea (7), Carvajal (7), Nacho (6), Ramos (7), Alonso (6), Saul Niguez (7), Busquets (7), Thiago Alcantara (6), Isco (7), Aspas (6), Rodrigo (7). Pemain pengganti : Asensio (7), Martinez (6), Roberto (6).

Menariknya walaupun Inggris kalah dalam laga tersebut namun Man of the match justru jatuh kepada Luke Shaw yang malam itu mengalami cedera kepala. Bisa jadi ini menjadi penghibur rasa kecewa. Namun secara keseluruhan Harry Kane dan Three Lions tetap bisa menegakkan kepala di tengah para fans yang hadir di Wembley Stadium.

#hensa #Kompasiana 

VIDEO PILIHAN