Mohon tunggu...
Hennie Triana Oberst
Hennie Triana Oberst Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penyuka traveling dan budaya

Kompasianer Jerman || Best in Citizen Journalism Kompasiana Awards 2023

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Digitalisasi Membuat Radio Makin Populer di Jerman

7 Desember 2022   04:05 Diperbarui: 8 Desember 2022   10:00 856
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Digitalisasi membuat radio makin populer di Jerman | foto: Pixabay/ AndrjezRembowski—

Sampai saat ini radio masih mengikuti ritme keseharian saya. Bisa dikatakan hampir setiap hari saya mendengarkan radio. Kebiasaan ini tidak saya lakukan pada waktu tertentu dengan durasi yang pendek-pendek.

Saat menyetir, misalnya, mendengarkan radio menjadi keharusan bagi saya. Lagu-lagu yang mengalun dari radio bukan hanya menemani perjalanan, tetapi juga membuat saya tetap awas dan terjaga. 

Biasanya saya mendengarkan radio yang tidak banyak percakapannya karena membuat saya lelah.

Saya memang lebih suka mendengarkan lagu dari radio daripada memutar koleksi lagu di aplikasi musik. Sebabnya sederhana, lagu dari radio urutannya tidak pernah sama. 

Ditambah lagi selalu ada selingan berita, umumnya setiap setengah jam sekali. Sesekali ada berita penting yang disampaikan, terkait keadaan lalu lintas atau cuaca.

Mendengarkan radio saat menyetir | foto: Pixabay
Mendengarkan radio saat menyetir | foto: Pixabay

Media yang dipercaya banyak orang

Radio tidak hanya sebagai media hiburan, tetapi juga merupakan media informasi yang penting. Orang  lebih gampang menerima siaran radio dan jangkauannya lebih luas ke seluruh lapisan masyarakat. 

Radio adalah media informasi yang menjangkau paling banyak orang di seluruh dunia. Menurut lembaga riset opini Kantar, radio menduduki tingkat kepercayaan tertinggi di Eropa. 

Radio dipandang sebagai sumber berita yang relevan dan informasi serius yang dapat diandalkan. 

Digitalisasi radio

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun