Mohon tunggu...
Hennie Triana Oberst
Hennie Triana Oberst Mohon Tunggu... Wiraswasta - .

Ibu dari seorang putri, penyuka perjalanan dan budaya

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Pentingnya Ban Winter Saat Bersepeda di Musim Dingin

29 November 2022   05:58 Diperbarui: 29 November 2022   11:08 512
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pentingnya ban winter saat bersepeda di musim dingin | foto: Luka Gorjup/ RND.de

Awal November saat cuaca relatif hangat beberapa kali putri saya bersepeda ke rumah temannya. Akhir minggu kemarin saya katakan agar dia tidak lagi menggunakan sepedanya. 

Putri saya bersepeda pergi dan pulang sekolah sejak permulaan musim panas tahun ini. Sepeda ini adalah hadiah ulang tahun, sesuai permintaannya, pada musim panas lalu. Dia ingin sepeda baru karena sepeda lamanya terlalu kecil untuk tubuhnya yang semakin tinggi.

Tahun ini suami dan saya mengizinkan dia bersepeda ke sekolah. Jalur sepeda di jalan raya sangat aman dan anak saya juga mengerti rambu-rambu umum jalan yang sangat jelas dibaca.

Kami pikir, dia sudah cukup mampu menempuh jarak dari rumah ke sekolah sekitar 10 km. 

Lebih kurang 40 menit sekali jalan, begitu menurutnya. Saat pulang sekolah terkadang cuaca cukup terik. Dia mengakalinya dengan menggunakan kereta api dan membawa sepedanya, kemudian melanjutkan setengah perjalanan dengan sepeda menuju rumah.

Bersepeda di musim dingin 

Selama musim dingin ini putri saya akan kembali menikmati bus dan kereta api menuju dan pulang sekolah. Nanti pada musim semi dia bisa kembali bersepeda, saat udara menghangat dan bunga-bunga mulai bersemi, sekitar akhir Maret atau awal April.

Bersepeda saat musim dingin bisa dikatakan cukup berat. Selain udara yang dingin dan cenderung beku, jalanan yang bersalju bisa membahayakan. Umumnya saat winter anak-anak yang rumahnya relatif jauh tidak bersepeda ke sekolah. Ini yang saya ketahui dari beberapa teman yang memiliki anak usia sekolah.

Orang dewasa juga banyak yang memilih menggunakan kendaraan umum selama musim dingin dan mengistirahatkan sepeda maupun sepeda motornya. Udara dingin dan jalanan licin ini menjadi alasannya.

Namun begitu, ada sebagian orang yang tetap bersepeda meskipun musim dingin. Contohnya, seorang kenalan saya setiap hari bersepeda ke tempat kerjanya. Jarak yang dia tempuh hampir sama seperti yang dilalui anak saya ke sekolahnya, 20 km (pp).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun