Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... Wiraswasta - ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Berperahu di Grand Canal Suzhou

24 Oktober 2021   06:46 Diperbarui: 24 Oktober 2021   18:35 781 59 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Berperahu di Grand Canal Suzhou | foto: HennieTriana—

"Shang you tian tang, xia you su hang"

"Di atas ada surga, di bawah ada suhang (Suzhou dan Hangzhou)"

Ungkapan dari China ini adalah penggambaran betapa indahnya kota Suzhou dan Hangzhou. Indah laksana surga. Suzhou adalah salah satu kota kanal yang juga dikenal dengan sebutan "Oriental Venice".

Pemandangan sekitar Grand Canal Suzhou | foto: HennieTriana
Pemandangan sekitar Grand Canal Suzhou | foto: HennieTriana

Saat mengikuti kelas bahasa di Beijing, guru kami membahas budaya dan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. Beliau menyarankan jika ke Shanghai sekalian mampir ke Suzhou dan Hangzhou. 

Masa tinggal kami di Beijing cukup singkat, hanya satu setengah tahun. Kesempatan mengunjungi kota yang berjarak lebih dari 1.000 km dari Beijing ini tidak terwujud.

Kalau sudah rezeki takkan ke mana.

Siapa sangka, hampir setahun di Jerman, kami harus kembali lagi ke China. Kali ini ke Shanghai. Rencana tempat-tempat yang ingin dikunjungi mulai saya catat dalam hati. Di satu kesempatan, kunjungan ke Suzhou akhirnya terlaksana. 

Suzhou berada di Jiangsu Province dengan Nanjing sebagai ibukotanya. Dari Shanghai dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk menghindari padatnya pengunjung, setelah sarapan kami berangkat. Hari Minggu tentu lebih banyak wisatawan yang datang dibandingkan hari kerja. 

Seorang teman menyarankan untuk menyusuri Grand Canal dengan berperahu. Wisata ini memang menjadi tujuan utama kami, melintasi kanal yang bersejarah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan