Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Kurma Cheesecake Maroko Si Pemanis Ramadan

20 April 2021   03:32 Diperbarui: 20 April 2021   14:33 1026 77 36 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kurma Cheesecake Maroko Si Pemanis Ramadan
Kurma cheesecake Maroko | foto: HennieTriana—

Ramadan bisa dikatakan identik dengan buah kurma. Di Jerman, buah kurma biasanya dijual setiap hari di supermarket, terutama supermarket khas Turki (di wilayah sekitar tempat tinggal saya).

Dari pengamatan saya selama tinggal di negara ini, jumlah kurma di pasaran relatif meningkat saat Ramadan tiba. Kurma yang ada di pasaran Jerman kebanyakan berasal dari Tunisia.

Buah sehat dari tanaman asli di Teluk Persia ini diyakini sangat banyak manfaatnya untuk tubuh. Konon, orang yang mengonsumsi beberapa buah kurma pada malam hari dapat mengurangi masalah tidurnya. 

Musim buah kurma mulai September hingga Januari. Oleh sebab itu kurma juga sangat umum diperoleh pada saat Natal.

Kurma yang dikeringkan dipanen ketika setengah matang, kemudian dikeringkan dengan panas matahari atau panas buatan. Buah yang telah dikeringkan inilah yang selalu tersedia sepanjang tahun. 

Akhir minggu kemarin saya membeli beberapa bungkus kurma, sebagian untuk camilan, sebagian lagi diolah menjadi kue keju kurma.

Setiap Ramadan mengingatkan saya akan cake kurma terenak yang pernah saya cicipi. Saat bekerja di Jakarta, di kantor kami sering menerima bingkisan Ramadan dari beberapa perusahan, termasuk hotel. 

Ada satu hotel yang lokasinya di sekitar Bundaran HI. Suatu hari di bulan Ramadan, mereka mengirimkan satu cake kurma. Menurut saya, inilah cake kurma yang paling lezat. 

Sayangnya, saat itu, rasa keingintahuan saya akan resep masakan, terutama kue, masih jauh di awang-awang. Mungkin, suatu saat akan saya dapatkan resep kue luar biasa itu.

Buah kurma | foto: freepik.de/azerbaijan_stockers
Buah kurma | foto: freepik.de/azerbaijan_stockers

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x