Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Kastanye, dari Makanan Orang Miskin Menjadi Delikates Musim Dingin

14 Oktober 2020   08:06 Diperbarui: 19 Oktober 2020   02:15 457 79 38 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kastanye, dari Makanan Orang Miskin Menjadi Delikates Musim Dingin
Kacang kastanye - foto: HennieTriana

Tidak terasa, bulan Oktober sudah berjalan hingga pertengahan. Hari jadi terasa semakin pendek, karena menjelang pukul delapan pagi matahari mulai muncul. Cuaca juga berubah, temperatur udara mulai turun pelan-pelan. Udara yang dingin seperti ini sering membuat nafsu makan meningkat. 

Saat ini, di supermarket mulai banyak dijual kacang kastanye. Sangat cocok dijadikan camilan untuk menghalau udara dingin.  Kacang kastanye, mungkin di Indonesia lebih akrab dengan sebutan chestnut.

Makanan Orang Miskin

Kacang kastanye atau sering disebut kastanye manis ini nama latinnya adalah Castanea sativa. Sebutan lainnya adalah maroni atau marone, yang berasal dari bahasa Italia "marrone" artinya coklat.

Menurut penemuan prasejarah, kastanye sudah dibudidayakan di wilayah Kaukasus Armenia antara abad ke-9 dan ke-7 Sebelum Masehi.

Konon, pada zaman Romawi, kastanye merupakan bahan pangan pokok yang sangat penting. Kacang ini merupakan sumber karbohidrat utama, khususnya di daerah pegunungan dengan musim dingin yang panjang dan cuaca yang parah. 

Kastanye diolah menjadi tepung sebagai bahan baku utama untuk membuat roti. Ini adalah makanan pokok masyarakat yang tidak mampu pada saat itu.

Hingga abad ke-20, kastanye masih menjadi bahan makanan pokok masyarakat di wilayah yang tidak menanam biji-bijian seperti gandum. 

Tanaman kastanye kemudian menyebar ke hampir seluruh wilayah Eropa. Sejak tahun 1990 permintaan kastanye semakin meningkat. Negara-negara Mediterania dengan hawa yang lebih hangat banyak yang membudidayakan kastanye.

Saat ini, negara China, Bolivia dan Turki merupakan penghasil kacang kastanye terbesar, disusul oleh Italia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x