Mohon tunggu...
Heni Prasetyorini
Heni Prasetyorini Mohon Tunggu... Tutor - Edupreneur

Pegiat pendidikan coding untuk anak-anak di Heztek Coding

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Santri Nasional Siap "Go Digital"

23 Oktober 2018   08:58 Diperbarui: 29 Oktober 2018   09:20 579
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Kita sepakat ya, kalau saya bilang SANTRI NASIONAL. Kalian jawab, SIAP GO DIGITAL. Suaranya yang keras ya. Yang semangat."

Kesepakatan ini benar terjadi. Suara beberapa puluh santri dan santriwati yang menggema di aula Pondok Pesantren Bustanul Ulum, Tanggung Prigel, Kecamatan Glagah, Lamongan. 

Semangat saya jadi lebih membara, semembara hawa panas yang menyengat di aula. Saya berusaha mati-matian "survive" dari rasa kepanasan, sementara saya lihat guru, murid-murid dan pengurus yayasan di sana santai-santai saja. Iya lah mereka mayoritas asli dari daerah ini. Dan juga bertahun-tahun tinggal di sini jadi terbiasa dengan panasnya hawa. 

Keringat saya menderas tanpa henti. Tapi tak membuat saya patah hati. 

Di hadapan mereka, saya diminta untuk memberikan informasi sekaligus memotivasi tentang program KELASKU DIGITAL yang resmi dilaunching di ponpes tersebut. 

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Siapa saya?

Kok bisa hadir di situ dan nama saya tertera terpampang di banner sekolah dan gerbang masuk desa?

nama saya dan suami ada di banner itu
nama saya dan suami ada di banner itu
Hampir 3 bulan lalu, saya dan suami, telah hadir 3 kali ke laboratorium SMK di ponpes tersebut, untuk memberikan pelatihan DIGITAL LEARNING bagi guru dan non guru. 

Dalam pelatihan tersebut, saya berbagi ilmu tentang PENGGUNAAN GOOGLE DRIVE & BLOG untuk media belajar mengajar. Juga bisa diaplikasikan oleh karyawan Tata Usaha di ponpes dan sekolah. 

Materi Google Drive meliputi penyimpanan data, membuat dokumen di Google Doc, membuat soal online di Google Form, membuat daftar isi deni Google Sheet. Terakhir penggunaan blog dengan platform blogspot untuk guru.

Tiga bulan pelatihan, hanya sekali bertemu tiap bulan, alhamdulillah sudah ada hasil yang bermanfaat. Beberapa guru sudah membuat blog dan mempraktekkan ujian online untuk anak didiknya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun