Mohon tunggu...
Henggar Budi Prasetyo
Henggar Budi Prasetyo Mohon Tunggu... Administrasi - Travelers

Bandung, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Eloknya Telaga Biru Cicereum, Wujud Pariwisata Keberlanjutan BUMDes Kaduela Kuningan

1 Januari 2024   11:07 Diperbarui: 1 Januari 2024   11:19 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kurang lebih 45 menit dari kota Cirebon, saya sampai di Telaga Biru Cicereum dengan mobil pribadi. Perjalanan, saya rasakan cukup nyaman dengan kondisi jalan yang baik, hanya saja perlu meningkatkan kewaspadaan apabila berpapasan dengan kendaraan lain karena jalan tidak terlalu lebar.

Ketertarikan saya mengunjungi Telaga Biru Cicereum, berawal dari ketertarikan foto-foto viral yang menampilkan telaga yang apik dengan air yang jernih biru kehijauan. Di dalam pencarian google, Telaga Biru Cicereum juga masuk dapat urutan atas obyek wisata terbaik di arena Cirebon - Kuningan.

Untuk masuk ke area Telaga Biru Cicereum saya dikenakan biaya masuk. Untuk biaya masuk 2 (dua) orang dan parkir mobil tidak sampai 50ribu. Area parkir di sini saya katakan cukup memadai dengan kondisi ramai saya tidak kesulitan untuk mencari tempat parkir. 

Jalan dan sarana umum di arena wisata ini, bisa saya katakan cukup terpelihara dan bersih. Saya merasa nyaman berjalan di sekeliling area Telaga Biru Cicereum. Rimbun dan rindanya pepohonan juga memberikan suasana tenang dan nyaman.

Tidak ketinggalan untuk mencoba spot Viral foto di atas ayunan dengan latar Telaga Biru Cicereum dengan Ikan-Ikannnya yang sangat banyak dan menarik. Kocek yang di rogohpun terjangkau, cukup dengan 20ribu saya dapat memilih 5 foto dari beberapa foto yang diambil selama sesi di atas ayunan kurang lebih 5 menit.

Hasil fotonya sangat memuaskan, wajar saja jika tempat ini menjadi Viral.

Di sekitar Telaga Biru Cicereum tersedia banyak UMKM dengan berbagai produk, jadi kalaupun ga membawa bekal kita tidak kesulitan menjadi camilan ataupun untuk makan berat. Pembayarannya pun sudah cashless menggunakan QRIS.

Usut punya usut, wisata Telaga Biru Cicereum dikelola oleh BUMDes desa Kaduela, kabupaten Kuningan. Wisata ini wujud keberdayaan masyarakat desa untuk menghadirkan destinasi menarik menjadi wujud Pariwisata Keberlanjutan yang di bangun untuk dan oleh masyarakat sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun