Mohon tunggu...
Henggar Budi Prasetyo
Henggar Budi Prasetyo Mohon Tunggu... GO A HEAD

Bandung | Sarjana Hukum | Praktisi Hukum

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Ingin Memulai Star-Up Bisnis, Cek Dulu Kualifikasi Diri

21 Juli 2019   11:18 Diperbarui: 6 Agustus 2019   13:11 0 4 1 Mohon Tunggu...
Ingin Memulai Star-Up Bisnis, Cek Dulu Kualifikasi Diri
Keandalan jasa logistik menjadi salah satu penentu eksistensi star up bisnis saat ini yang didominasi pemasaran dan penjualan melalui lapak online (online market place) (ilustrasi diambil dari: pixabay.com)

Apkah kita hanya ingin menjadi penonton ataukah ikut berpartisipasi?

Pertanyaan tersebut perlu kita resapi dengan melihat kondisi saat ini dimana telah hadir pengusaha besar baru yang dikenal dengan unicorn. Harta berlimpah tentu akan di dapat. Tetapi ada hal yang lebih menarik lagi, yaitu: kebanggaan dan pengakuan. Itu merupakan ciri khas milenial dimana aktualisasi diri lebih utama dari pada kebebasan finansial. 

Hal tersebut karena pandangan bahwa pendapatan itu akan mengikuti dari aktualisasi diri, artinya semakin terkenal seseorang maka semakin besar pula pendapatannya. Contohnya adalah youtuber Atta Halilintas youtuber yang telah memiliki angka subcriber tinggi, lihat saja pendapatannya terus mengalir kan?

Sudah jangan terbuai dengan kondisi orang lain, saat ini kembali ke diri kita sendiri? 

Pertama, kita perlu tahu apa yang menjadi keinginan dan tahu potensi diri kita. Hal tersebut diperlukan untuk menghindari diri kita hanya menjadi pengikut tren (arus informasi) semata. Akibatnya ketika tren tersebut mulai berubah tinggalah kita kebingunan tanpa ada hal yang di dapat. Tentu tidak inginkan kondisi tersebut terjadi dimana waktu terbuang secara sia-sia.

Kedua, kita perlu memiliki inovasi. Perlu diketahui bahwa inovasi merupakan suatu akumulasi dari kreatifitas kita, artinya itu tidak instan. Oleh karena itu, apabila menginginkan untuk dapat memperoleh inovasi, maka kita harus membudayakan kreatifitas di setiap hari kita dimulai dari hal-hal kecil. Salah satu wujud kreatifitas adalah dengan membuat rincian jadwal kegiatan harian di pagi hari beserta evaluasinya di malam hari. 

Atas catatan-catatan itu, pasti kita akan mulai berfikir apa yang kurang apa yang perlu ditingkatkan disitulah kreatifitas terbentuk. Keterkaitan kreatifitas dan inovasi ini disampaikan oleh perwakilan dari Deskranasda kota Bandung dalam acara #JNEKopiWritingBandung yang diseleggarakan pada tanggal 18 Juli 2019 di Bandung.

Ketiga, manfaatkan lapak online. Saat ini banyak tersedia lapak online yang dapat dipilih gratis untuk memperkenalkan produk dari star up bisnis anda pada tahap awal. Tanpa biaya itu artinya pada tahap awal ini, kita dapat fokus dalam hal pengembangan produk kita karena terkait promosi dapat melalui lapak online. 

Keempat, tentukan jasa logistik yang andal. Setelah kita memiliki produk yang dikenal tahap selanjutnya adalah distribusi kepada konsumen. Saat ini telah banyak penyedia logistik. 

Di dalam pemilihan perusahaan logistik perlu diperhatikan selain dari sisi harga yang murah juga perlu diperhatikan terkait dengan keandalan. Adapun yang dimaksud keandalan adalah jasa logistik harus mampu mengantar produk tepat waktu sesuai dengan alamat dituju serta apabila ditemukan ada permasalahan dalam pengiriman layanan pun harus cepat ditandai dengan tersedianya customer care 24 jam serta kantor perwakilan yang mudah dijangkau. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2