Mohon tunggu...
Henggar Budi Prasetyo
Henggar Budi Prasetyo Mohon Tunggu... Administrasi - Travelers

Bandung, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Anti Repot Kelola Data dengan Sandisk UDD M3.0

8 April 2018   11:20 Diperbarui: 8 April 2018   11:21 680
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
freeclipart.com/ bingung bingung bingung ? mana mana mana data datanya, cepat cepat cepat !!!

Pernahkan mengalami rasa panik ketika mencara data-dokumen penting tetapi tidak kunjung ditemukan?

Tidak bisa dibayangkan bukan, betapa cepatnya detak jantung serta campur aduknya pikiran?

Hal tersebut tentu pernah dialami sebagian diantara kita, termasuk saya. Sedikit cerita, berurusan dengan dokumen-dokumen merupakan suatu yang biasa bagi saya yang bekerja berkaitan dengan hukum. Dimana setiap dokumen-dokumen tersebut merupakan dokumen penting sebagai suatu petunjuk ataupun sebagai bukti telah terjadinya suatu peristiwa hukum. Untuk alasan kemudahan sekaligus untuk back up, sebagian data saya unggah ke penyimpanan udara. 

Saya pun menjadi jarang untuk membawa media penyimpanan file fisik, seperti flashdisk ataupun eksternal harddisk karena berfikir itu tidak efisien lagi karena ada sistem cloud. Namun, pemikiran saya salah beberapa kali saya dibuat repot karena hanya bertumpu pada penyimpanan udara. 

Saya lupa bahwa jaringan internet tidak selalu stabil bahkan tidak tersedia. Hal ini terjadi ketika saya sedang membutuhkan dokumen di Pengadilan Negeri. Tipikal bangunan pengadilan yang berdinding tebal mengakibatkan layanan internet tidak stabil, saya pun terpaksa harus keluar gedung untuk mengunduh data. Hal tersebut terjadi beberapa kali, sehingga sayapun memutuskan untuk tetap menggunakan media penyimpanan flashdisk meskipun terasa konvensional.

Haha, saya telah menggunakan media flashdisk sejak saya SD sekitar tahun 2006-an sehingga wajar bila saya berfikir bahwa saat ini sudah kuno. Saya ingat bahwa untuk menyalin dokumen saya harus menunggu lama. Namun, saya ternyata salah karena teknologinya flashdisk semakin mutakhir. 

Saya awalnya tidak tahu, apa bedanya port pada laptop saya ada yang berlabel USB 2.0 dan USB 3.0. Ternyata perbedaan label port itu menandakan tingkat teknologi pemindahan data, dan sekarang flashdisk sendiri sudah mendukung pemindahan data 3.0 dengan kecepatan pemindahan data mencapai 150 mb/s. 

Sekarang saya pikir, flashdisk layak juga untuk masih digunakan teknologi yang mutakhir serta ukuran yang semakin ringkas tidak meropotkan untuk menunjang mobilitas saya. 

Saya pernah mencoba flashdisk dari beberapa merk, namun saya percaya pada sandisk. Sederhana sih, alasannya karena saya pikir sandisk merupakan pabrikan yang memang fokus pada pengembangan media penyimpanan sehingga produk yang dihasilkan sudah tentu berkualitas. Namun, tidak hanya itu bentuk yang unik serta fitur yang beragam benar-benar memudahkan saya.

ULTRA DUAL DRIVE M3.0 Fast - The Flash Drive for Android devices
ULTRA DUAL DRIVE M3.0 Fast - The Flash Drive for Android devices
Sandisk M3.0 adalah pilihan yang pas untuk saya. Ada beberapa alasan, pertama pemindahan data cepat karena sudah mendukung teknologi USB 3.0, kedua mendukung USB OTG dimana saya dapat langsung memindahkan data dari smartphone. 

Fitur OTG sangat saya butuhkan karena saya lebih sering mengunggah ataupun mengunduh data dari penyimpanan udara. Ketika saya akan mengedit dokumen via dekstop PC, sayapun tidak perlu menggunakan kabel data. Dan yang terpenting, karena dokumen yang saya kerjakan adalah penting, sangat dihindari untuk menaruh dokumen pada PC Desktop, jadi penyimpanan yang saya gunakan hanya penyimpanan udara dan penyimpanan di flashdisk M3.0 ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun