Mohon tunggu...
Hendri Maya
Hendri Maya Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Hendri Sutadinata Maya Muncar - Mengenal Beberapa Jenis Pelaku Bisnis

14 November 2018   16:20 Diperbarui: 14 November 2018   16:23 0 0 0 Mohon Tunggu...

Hendri Sutadinata Maya Muncar -- Untuk melakukan bisnis, Anda harus mengetahui jenis pelaku bisnis apa saja yang ada di Dunia ini. Pada artikel ini, pengusaha sukses Hendri Sutadinata Maya Muncar akan menjelaskan dengan terperinci tentang beberapa jenis pelaku bisnis. Berikut ulasannya :

Pertama adalah monopsony. Jenis ini adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas. Contohnya : hanya ada satu perusahaan yang menangani kereta api di Indonesia yaitu, PT.KAI

Kedua monopoli. Monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar atau 1 penjual namun pembeli banyak. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai monopolis.

Ketiga oligopoli. Oligopoli adalah pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan atau beberapa penjual namun banyak pembeli. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.

Kemudian yang keempat adalah oligopsoni. Oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas atau beberapa pembeli namun banyak penjual.

Setelah kita melihat siapa saja pelaku bisnis, apa saja macam-macam bisnis, dan jenis-jenis bisnis tentunya, ternyata bisnis dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, dan dengan apa saja. Maksudnya adalah untuk memulai suatu bisnis, semua orang dapat melakukan bisnis, termasuk kita seorang mahasiswa atau pelajar. 

Sebagai mahasiswa atau pelajar tentu kita tidak mempunyai modal yang cukup banyak untuk berbisnis yang sifatnya menengah atau besar, tetapi kita bisa berbisnis kecil-kecilan dengan modal yang sesuai dengan kantong kita tanpa meminta bantuan orang tua. Dalam memulai bisnis kita juga tidak perlu menggunakan peralatan dan perlengkapan yang banyak.

Di zaman sekarang yang mungkin sulit mencari kerja, apa salahnya jika kita membuat usaha atau bisnis sendiri. Nggak punya modal? jangan khawatir, kita bisa memulai bisnis dengan modal yang kecil tetapi bila kita jalankan dengan benar dan sungguh-sungguh, maka akan bisa menghasilkan untung yang lumayan.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x