Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Jika ingin mencari artikel seputar dunia pendidikan, politik dan olahraga tempatnya di sini..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Ambis Saat Menjadi Mahasiswa

25 November 2022   20:05 Diperbarui: 26 November 2022   09:25 623
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kehidupan kampus merupakan dunia di mana kamu perlu berjuang dan bersaing habis-habisan dalam hal akademik maupun non akademik, lantaran setelah kamu lulus dari perkuliahan nanti kamu akan dihadapkan dengan dunia kerja yang menuntut kamu memiliki segudang skill dan prestasi. 

Jika kamu tidak memiliki sesuatu yang menjadi nilai jual untukmu berkarir di dunia kerja, maka jangan harap kamu akan mendapatkan lapangan kerja.

Pertambahan manusia yang semakin hari semakin pesat, perkembangan dunia yang semakin canggih dan persaingan yang makin ketat menuntut kamu tidak bisa diam-diam saja selama menempuh pendidikan di dunia perkuliahan.

Ini yang menjadi latar belakang mengapa kamu harus menjadi mahasiswa ambis. Mungkin mendengar kata ambis, banyak yang mengartikannya sebagai sesuatu yang negatif dalam artian orang yang terlalu egois dalam mencapai sesuatu dengan segala cara atau ingin menguasai segala sesuatu tanpa memikirkan orang lain. 

Namun, kita perlu ketahui bahwa ambisius adalah keinginan yang kuat dari seseorang untuk sukses, kuat atau kaya. Di mana keinginan tersebut mendorong kita untuk berhasil dan maju yang menjadi ciri khas ambis.

Label mahasiswa ambis sering diletakkan pada kelompok mahasiswa yang sibuk dengan berbagai kegiatan baik itu organisasi, mengikuti perlombaan sana sini, tekun dalam menempuh pendidikan agar IPK bagus, mengikuti berbagai pelatihan dan lain sebagainya.

Jadi, jika dikaitkan dan melihat dari defenisi kata ambis maka merujuk pada keinginan seseorang dalam berkeinginan keras mencapai sesuatu (harapan dan cita-cita).

Itu mengapa menjadi mahasiswa perlu menjadi ambis karena tujuan berkuliah adalah untuk mencapai harapan dan cita-cita demi masa depan yang lebih baik.

Satu hal yang perlu kamu tahu sebelum kamu ingin menjadi mahasiswa ambis, yakni pastinya kamu tidak punya banyak waktu untuk kumpul-kumpul dengan teman-temanmu. Mungkin kamu akan banyak menghabiskan banyak waktu dengan orang-orang yang punya hobi sama denganmu dalam upaya peningkatan skill yang dimiliki.

Kenapa? Karena untuk apa menghabiskan waktu percuma dengan orang-orang yang akan memberikan dampak negatif untuk dirimu jikalau berkumpul dan meningkatkan skill serta relasi dengan orang-orang yang produktif itu jauh lebih baik. Semakin kamu mengenal banyak orang-orang ambis dan berteman dengan mereka, maka akan menjadi pemacu untukmu nanti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun