Mohon tunggu...
Hendra Fokker
Hendra Fokker Mohon Tunggu... Guru - Pegiat Sosial

Buruh Kognitif yang suka jalan-jalan sambil mendongeng tentang sejarah dan budaya untuk anak-anak di jalanan dan pedalaman. Itu Saja.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Di Balik Eksotisme Pantai Pulau Merah Banyuwangi

28 Desember 2021   14:04 Diperbarui: 29 Desember 2021   09:50 298 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokpri. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah, yang terletak di selatan Banyuwangi menjadi salah satu destinasi wisata yang identik dengan eksotisme nuansa alamnya. Selain dari lokasi favorit bagi para peselancar lokal maupun asing.

Besarnya arus ombak Samudera Hindia memang menjadi daya tarik tersendiri bagi pegiat olahraga ekstreme pemacu adrenalin. Begitupula dengan geliat ekonomi masyarakat sekitar pantai, yang sangat bergantung pada kehadiran para wisatawan di lokasi ini.

Eksotisme Pantai Pulau Merah sendiri tidak dapat dilepaskan dari kokohnya Bukit Pulau Merah yang menjulang di lepas bibir pantai. "Bukit itu, menjadi suatu daya tarik tersendiri yang mampu memikat para wisatawan untuk datang kesini", ungkap Totok, salah seorang nelayan disana.

"Dari bukit itu, pantai ini akan terlihat sangat kemerahan-merahan apabila sudah sore hari", sambungnya. Walau beberapa waktu lalu, warna kemerah-merahan yang tampak di pantai ini, dikabarkan sebagai dampak oleh adanya aktivitas tambah emas di Gunung Tumpang Pitu.

Mitos adanya "paku bumi" berbentuk emas pada pulau di seberang Pantai Merah, tentu menjadi cerita tersendiri yang dapat kita dengar langsung dari penduduk sekitar.

Selain dari itu, beragam kisah pilu yang terjadi akibat bencana tsunami setinggi 13 meter pada tahun 1990 disini, selalu menjadi topik hangat yang tersaji ketika para wisatawan "kongkow" di kedai-kedai makanan. Tentunya sambil menikmati macam-macam makanan lokal atau tradisional yang disajikan.

Ada kisah menarik dari Pura Tawang Alun yang berdiri tidak jauh dari lokasi Pantai Pulau Merah. Pada peristiwa tsunami dahulu, Pura tersebut tidak hancur diterjang tsunami. "Semoga peristiwa itu dapat terus dikenang untuk setiap generasi masa kini", ungkap seorang warga disana.

Keunikan lainnya adalah ketika para wisatawan memasuki area goa Pulau Merah. Akan tampak ratusan kelelawar besar yang berwarna kemerahan hadir sebagai "penghuni tetap" disana. Suatu hal yang tentu saja dapat dilakukan ketika laut sedang dalam keadaan surut.

Banyak hal seru tentunya yang dapat kita nikmati selama berkunjung ke lokasi ini. Selain dari harga penginapan/homestay yang terjangkau, kuliner khas Banyuwangi adalah menu andalan yang jangan sampai terlewatkan untuk dinikmati.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan