Mohon tunggu...
hendra setiawan
hendra setiawan Mohon Tunggu... Pembelajar Kehidupan. Penyuka Keindahan (Alam dan Ciptaan).

Merekam keindahan untuk kenangan. Menuliskan harapan buat warisan. Saya suka membaca, tetapi menulis jauh lebih punya makna. Sebab, karya itulah warisan yang sangat berharga kepada generasi nanti. VERBA VOLANT, SCRIPTA MANENT.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Virus Mematikan Bernama Hoaks

16 Maret 2021   20:20 Diperbarui: 16 Maret 2021   20:34 94 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Virus Mematikan Bernama Hoaks
Sumber: pixabay.com

Hoaks (hoax) atau kabar bohong. Ini adalah virus lain yang juga berbahaya seperti halnya Covid-19, yang kini juga bermutasi dalam puluhan jenis.

Hoaks adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Ia tidak sekadar misleading alias menyesatkan. Namun, informasi yang termasuk dalam fake news itu juga tidak memiliki landasan faktual, namun disajikan seolah-olah sebagai serangkaian fakta.

Jika Covid-19 menjadi ancaman di dunia nyata, maka virus hoaks ini menjadi ancaman, baik di dunia maya dan nyata.

Banyak hal bisa diproduksi menjadi hoaks. Pintar-pintarnya mereka yang memutarbalikkan fakta dan membuat narasi jahat itu. Celakanya, tak banyak orang yang siap menghadapi ini semua.

Ragam Hoaks

Dari beragam jenis informasi yang mudah ditemukan lewat media internet atau media sosial, biasanya hoaks berisikan antara lain:

1. Virus Aplikasi 

Biasanya peringatan ini tetiba muncul begitu saja di komputer atau smartphone. Padahal sebenarnya tidak demikian. Efek kejut dan ketakutan memang diharapkan oleh si pembuat, biasanya hacker.

2. Pesan Berantai

Ini sih paling sering dijumpai, karena paling gampang dimobilisasi. Biasanya ada pesan tersurat "SEBARKAN". Kalau mendapat hal seperti ini, hapus saja. Jangan ikut menyebarkan.

3. Iklan Terselubung

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x