Mohon tunggu...
hendra setiawan
hendra setiawan Mohon Tunggu... Pembelajar Kehidupan. Penyuka Keindahan (Alam dan Ciptaan).

Merekam keindahan untuk kenangan. Menuliskan harapan buat warisan. Saya suka membaca, tetapi menulis jauh lebih punya makna. Sebab, karya itulah warisan yang sangat berharga kepada generasi nanti. VERBA VOLANT, SCRIPTA MANENT.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Ada Angka Cantik Hari Ini

4 Maret 2021   17:17 Diperbarui: 4 Maret 2021   17:19 338 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada Angka Cantik Hari Ini
Sumber: pixabay.com

Tadi pagi seorang kawan mengirimkan gambar 'meme' soal tanggal hari ini. Iya, baru sadar, hari ini, tanggal 4 bulan ketiga (Maret) tahun 2021. Kalau disingkat dengan angka maka jadinya 4-3-21. Tanggal cantik yang tak bisa diulang.

Wah, ini seakan menegasikan pendapat yang pada dasawarsa lalu juga membuat orang penasaran dengan adanya tanggal cantik. Tanggal 12 Desember 2012 alias 12-12-12 menjadi angka kembar unik terakhir yang bisa dinikmati. Jadinya, banyak pasangan yang memilih tanggal itu sebagai pilihan tanggal perkawinannya.

Soal angka cantik apakah membawa hoki, keberuntungan? Nah, itu pertanyaan selanjutnya yang muncul. Apakah ada keterkaitan antara kombinasi angka cantik dengan faktor keberuntungan?

Pada sebagian budaya bangsa atau bisnis, barangkali "iya". Bisa dikatakan begitu. Coba saja tengok numismatik, penggemar uang kuno. Sebagian di antaranya tidak lagi melulu berburu barang langka, tapi bisa juga uang keluaran terbaru. Namun itu dengan catatan, ada kombinasi unik baik huruf dan angka yang ada pada serinya. Makin bagus kombinasinya, makin mahal harga tukarnya.

Seperti pernah terjadi, harga uang Patimura pecahan seribu rupiah, pada situs lelang ebay mendapat tawaran 6.888 dollar AS atau setara dengan Rp 84 juta rupiah. Uang seri unik QQQ888888 ini ditawarkan oleh pemilik situs asal Singapura.

https://assets.kompas.com/data/photo/2013/12/30/1726553seribu1780x390.jpg
https://assets.kompas.com/data/photo/2013/12/30/1726553seribu1780x390.jpg
Di China, angka 8 dianggap sebagai angka keberuntungan. Sebuah nomor ponsel cantik berakhiran angka 8 lima kali itu, diyakini membawa hoki karena dianggap nomor "keberuntungan". Harganya laku 2,25 juta yuan atau Rp 4,8 miliar (kurs Rp 2.146/yuan) melalui situs lelang online negara tersebut. Nomor seperti itu banyak dicari di China, karena bilangan "delapan" dalam bahasa Mandarin terdengar mirip pelafalan kata "kemakmuran".

Sekadar Mitos?

Entah karena pengaruh mitos atau sebab yang lain, memang tidak didapat penjelasan yang cukup memadai. Tradisi suku di Indonesia juga memiliki angka cantik yang juga dianggap bisa membawa kemujuran atau kebahagiaan.

Misalnya saja di Jawa, angka 7 dan 11 atau kombinasinya juga dianggap sebagai angka yang baik. Tujuh dalam bahasa Jawa adalah 'pitu'. Pitu kalau diartikan menjadi pitulungan alias pertolongan. Pertolongan dari yang Mahakuasa tentunya.

Begitupun dengan angkan 11, yang dilafalkan sewelas atau suwelas. Kalau dipotong, kata "Su" sendiri artinya baik. Jadi nama orang yang berawalan "Su" diharapkan menjadi orang yang kehidupannya baik. Maka ada nama-nama pemberian semacam Sukarno, Suharto, Sudirman, dan sebagainya.

Welas sendiri artinya belas kasih, welas asih. Welasing Sang Pangeran, belas kasih dari Sang Pencipta. Harapannya begitu; ada rahmat, karunia, berkat dari Tuhan yang terus melimpah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x