Mohon tunggu...
hendra setiawan
hendra setiawan Mohon Tunggu... Pembelajar Kehidupan

Saya suka membaca, tetapi menulis jauh lebih punya makna. Sebab, karya itulah warisan yang sangat berharga kepada generasi nanti. VERBA VOLANT, SCRIPTA MANENT.

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Si Putri yang Makin Ayu

27 Agustus 2016   18:10 Diperbarui: 27 Agustus 2016   18:19 648 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Si Putri yang Makin Ayu
Putri Ayu dalam sebuah tampilan di televisi. Sumber: www.youtube.com

Percayalah, ini hanya sekadar tulisan iseng belaka :). Kemarin malam (26/8), masih agak sorean, ada acara musik di salah satu stasiun tv swasta. Salah satu host yang juga jadi bintang tamu, dia adalah seorang perempuan muda, cantik parasnya. Suwer...ini bukan pandangan subjektif. Lihatlah di foto atas tersebut atau yang di bawah ini. Cantik objektif, kan?!

Nggak nyangka kalau yang di foto ini adalah si Putri Ayu. Beda penmpilan di awal karirnya. Sumber: http://www.gambar.photo
Nggak nyangka kalau yang di foto ini adalah si Putri Ayu. Beda penmpilan di awal karirnya. Sumber: http://www.gambar.photo
Saya tidak tahu persis siapa dia. Maklumlah, jarang nonton berita selebritis atau penggemar fanatik seorang artis hehe... Ya, hanya sebatas suka, kagum saja; buat mereka yang memang bertalenta, menginspirasi, dan bukan terkenal karena sensasi.

Kalau nggak dikasih caption, tak akan tahu siapa gadis ini. Sumber: http://www.kapanlagi.com
Kalau nggak dikasih caption, tak akan tahu siapa gadis ini. Sumber: http://www.kapanlagi.com
Penasaran juga. Siapa ‘pendatang baru’ tersebut? Agak lama menanti jawaban. Padahal itu pun sebenarnya hanya menunggu waktu jeda iklan pas nonton acara yang lain. Jadinya, fokus perhatian tontonan jadi teralihkan. "Kacau nih... gagal fokus!"

Fotogenic.juga ya?! Sumber: https://commons.wikimedia.org
Fotogenic.juga ya?! Sumber: https://commons.wikimedia.org
Hingga akhirnya, setelah agak lama menanti, samar-samar juga tersingkap jatidirinya. Oalah.. ternyata sosok kece itu adalah si ‘penyanyi seriosa’ yang namanya kian moncer berkat ajang pencarian bakat Indonesia Mencari Bakat  (IMB) sekitar 6 tahun lalu (2010).

Makin dewasa, makin matang. Sumber: http://www.kapanlagi.com
Makin dewasa, makin matang. Sumber: http://www.kapanlagi.com
Nah, paham kan dengan clue ‘penyanyi seriosa’ tersebut? Ya, tepat sekali kalau Anda sekalian menjawab Putri Ayu.  Kehadirannya di panggung hiburan layar kaca dimulai sejak ia masih SMP. Masih belia untuk ukuran pendatang baru. Usia (kala itu 12 tahun) yang juga nanggung untuk terjun ke industri hiburan.Mau nyasar ke anak-anak, posturnya sudah cukup gede dibandingkan sebayanya. Mau ke pangsa dewasa, usianya juga belum 17 tahun.

Putri Ayu dalam sebuah aksi panggung. Sumber: http://www.majalahpraise.com
Putri Ayu dalam sebuah aksi panggung. Sumber: http://www.majalahpraise.com
Awalnya, sebagaimana yang publik tahu, karir bernyanyi dara kelahiran Sibolga, Sumatera Utara, 24 Mei 1997 itu dimulai dalam bentuk lagu seriosa. Genre yang amat langka di tanah air. Performanya di ajang pencarian bakat yang setiap minggunya menggugurkan perserta berdasar polling SMS itu, di awal-awal cukup mendebarkan. Sebab, Putri Ayu Rosmei Silaen, nama lengkapnya, menjadi salah satu peserta yang diunnggulkan. Namun keterbatasan dalam nyanyian bentuk seriosa, bisa dianggap menjadi batu sandungan jika tidak ada variasi. Orang (pemirsa) cenderung bosan dan jemu.

Penampilannya yang baru, benar-benar bikin kaget, perubahan yang drastis, Sumber: @putriayusilaen
Penampilannya yang baru, benar-benar bikin kaget, perubahan yang drastis, Sumber: @putriayusilaen
Berdasar masukan dari para juri, pembenahan itu dilakukan. Meskipun memang ada juga duka dalam latihan itu. “Yang nggak enak tuh kalau kolaborasi sama artis. Kadang artisnya suka lama datengnya atau nggak, dia suka semaunya. Padahal sudah dikasih bagian-bagiannya, tapi dia maunya yang bagian mananya aja gitu. Waktunya latihannya juga suka kurang,” paparnya.

Salah satu aksi panggung Putri Ayu.. Sumber: http://www.tribunnews.com
Salah satu aksi panggung Putri Ayu.. Sumber: http://www.tribunnews.com
Alhasil, langkahnya menapak jenjang tertinggi itupun menjadi kian lapang. Putri Ayu pada akhirnya berhasil menjadi juara kedua (runner up) di ajang sesi pertama itu. Jawaranya kala itu adalah Klantink, grup musik jalanan asal kota Surabaya.

Aksi panggung IMB Putri Ayu. Sumber: www.youtube.com
Aksi panggung IMB Putri Ayu. Sumber: www.youtube.com
Meroket

Nama Putri Ayu, jika tanpa ada embel-embel fam (marga) di belakangnya sering dikira sebagai orang Jawa.  Seperti nama Putri Ayuningtyas, Ayuningsih, Ayuningdyah (Dyah Ayu) dan sebagainya. Tetapi menurut anak keempat dari 4 bersaudara ini, Putri benar-benar tidak bisa bahasa Batak. “Aku nggak bisa bahasa Batak karena aku tinggalnya di Medan kota. Makanya banyak orang yang mengira aku ini orang Jawa hahahaha....”

Multi talenta. Sumber: http://www.kapanlagi.com
Multi talenta. Sumber: http://www.kapanlagi.com
Karier menyanyi gadis yang katanya penyuka makan tapi nggak bisa gemuk ini dimulai jauh sebelum ajang pencarian bakat di tivi itu digelar. Putri Ayu sering mengikuti kompetisi menyanyi di wilayah Sumatera Utara. Namun, mulai menekuni untuk bernyanyi seriosa ketika ia mengikuti ajang Pesparawi (Pesta Paduan Suara Gerejawi) IX di Samarinda, Kaltim (tahun 2009). Dalam ajang 3 tahunan itu, salah satu ‘kategori yang dilombakan, mewajibkan pesertanya bernyanyi di genre seriosa tersebut. Puji Tuhan, Putri Ayu memperoleh medali emas. Sebuah prestasi dan kebanggaan baginya. Semenjak saat itu, ia semakin tertarik mendalami seriosa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x