Mohon tunggu...
Helma Rahma Putra
Helma Rahma Putra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNNES

Suka sepak bola

Selanjutnya

Tutup

Bola

Generasi Emas Timnas Belgia yang Tidak Pernah Mendapatkan Trofi

2 Desember 2022   09:44 Diperbarui: 3 Desember 2022   11:15 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: unsplash.com/Rhett Lewis

Timnas Belgia mendapatkan status sebagai generasi emas pada tahun 2012, saat kepelatihan Marc Wilmots. Ketika itu, skuad timnas Belgia lolos Piala Dunia tahun 2014 tanpa mengalami kekalahan di babak kualifikasi.

Saat itu, pemain muda timnas Belgia diisi oleh kevin De Bruyne, Thibaut Courtois, Eden Hazard, Romelu Lukaku, dan Divock Origi.

Pada Piala Dunia 2014 di Brasil, timnas Belgia hanya sampai pada babak 8 besar, setelah mereka kalah dari Argentina dengan skor 1-0.

Timnas Belgia juga gagal dalam turnamen Euro 2016, yang mana lagi-lagi mereka hanya sampai di babak 8 besar, setelah kalah dari timnas Wales dengan skor 3-1.

Prestasi terbaik generasi emas timnas Belgia terjadi pada Piala Dunia Rusia 2018, dimana mereka berhasil menjadi juara ketiga di Piala Dunia 2018, setelah berhasil mengalahkan Inggris.

Generasi emas timnas Belgia lagi-lagi harus terhenti di babak 8 besar pada kompetisi Euro 2020. Mereka kalah dari Italia dengan skor tipis 2-1.

Pada Piala Dunia Qatar 2022, generasi emas timnas Belgia gagal lolos dari fase grup alias tersingkir di Piala Dunia Qatar 2022, setelah mereka meraih hasil imbang melawan Kroasia dan hanya menempati posisi ke-3 dengan mengoleksi 4 poin dari 1 kemenangan, 1 seri, dan 1 kekalahan.

Pada saat ini para pemain generasi emas timnas Belgia sudah termakan usia, seperti kevin De Bruyne (31 tahun), Thibaut Courtois (30 tahun), Eden Hazard (31 tahun), Axel Witsel (33 tahun), Jan Vertonghen (35 tahun), dan Toby Alderweireld (33 tahun).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun