Mohon tunggu...
Helen Adelina
Helen Adelina Mohon Tunggu... Passionate Learner

Try not to become a man of success, but rather try to become a man of value - Einstein

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Etiskah Membuat Meme Perceraian Bill dan Melinda Gates?

9 Mei 2021   10:13 Diperbarui: 9 Mei 2021   10:48 180 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Etiskah Membuat Meme Perceraian Bill dan Melinda Gates?
sumber: theguardian.com

Perceraian Bill Gates dan Melinda Gates yang diumumkan beberapa hari lalu secara bersamaan lewat akun twitter keduanya menggemparkan seluruh dunia. Bahtera pernikahan yang telah berjalan selama 27 tahun akhirnya kandas. Orang-orang bertanya-tanya, apa yang menyebabkan pasangan Gates bercerai. Padahal 2 minggu sebelumnya, pasangan Gates muncul bersama pada acara virtual untuk petugas kesehatan yang memerangi pandemik Covid-19. 

Pengumuman perceraian ini adalah sesuatu yang tak disangka-sangka banyak orang karena rumah tangga pasangan Gates sejauh ini dikenal adem ayem dan harmonis. Kisah cinta yang mereka jalani sebelum menikah juga cukup romantis. Bill dan Melinda menikah di Pulau Lanai, Hawai pada tahun 1994 setelah berpacaran selama 7 tahun. Pesta pernikahan juga mewah dimana Bill Gates menyewa semua helikopter yang ada di pulau itu untuk mencegah masuknya tamu tak diundang.

Bahkan pada ulang tahun pernikahan ke-26 pada tahun 2020 lalu, pasangan Gates masih terlihat harmonis dan saling menyanjung satu sama lain di media sosial. Tahun sebelumnya dalam film dokumenter Netflix, Bill menyatakan bahwa Melinda adalah pasangan yang benar-benar setara. Sedangkan Melinda menyebutkan bahwa Bill seorang suami yang lucu dan memiliki energi tinggi. 

Melinda dan Bill Gates juga sangat aktif melakukan kegiatan filantropis melalui yayasan yang mereka dirikan bersama. Bill & Melinda Gates Foundation didirikan pada tahun 2000 dan bergerak di bidang perubahan iklim, kesehatan global dan pendidikan. Anak-anak mereka juga sejauh ini terlihat tidak neko-neko.

Menurut indeks miliarder Bloomberg, pendiri Microsoft itu menempati peringkat keempat terkaya di dunia, dengan total kekayaan sekitar $146 miliar. Perceraian pasangan Gates menambah panjang daftar perceraian orang-orang terkaya seb

elumnya: pasangan Bernie-Slavica Ecclestone, pasangan Ruppert-Anna Murdoch, pasangan Elon Musk-Talulah Riley, dan pasangan Jeff Bezos-Mackenzie Scott. Dikutip dari The Gurdian (5/5/2021), Melinda berpotensi memperoleh separuh dari harta Bill Gates, yakni sebesar $73 miliar. Dengan kekayaan sebesar $73 miliar, Melinda menjadi perempuan terkaya kedua di dunia, di bawah Francoise Bettencourt Meyers, pewaris kerajaan bisnis L’Oreal dengan kekayaan sebesar $83 miliar.

Dalam pengumuman perceraiannya, pasangan Gates tidak memberikan penjelasan yang gambang penyebab perceraian mereka. Melinda dan Bill menyatakan akan melanjutkan pekerjaan bersama di yayasan yang mereka dirikan dan meminta publik memberikan privasi kepada mereka. Dalam gugatan perceraian yang diajukan ke pengadilan tinggi King Country di Seattle, Washington, Melinda menyatakan bahwa pernikahannya dengan Bill Gates telah rusak dan tidak dapat diperbaiki.

Tidak adanya penjelasan yang gamblang penyebab perceraian ini membuat orang-orang berspekulasi. Otak atik gatok pun dimulai. Salah satu sumber yang dekat dengan pasangan ini mengatakan kepada The New York Times bahwa keduanya memang sering bertengkar. Pertengkaran yang tak kunjung berakhir antara Bill dan Melinda dikabarkan menjadi alasan utama Bill Gates memutuskan mundur dari Microsoft agar dapat fokus pada keluarga dan yayasan yang didirikannya bersama istrinya.

Pernyataan Melinda Gates dalam sesi wawancara eksklusif dengan Sunday Times of London pada tahun 2019 dalam rangka hari jadi pernikahannya yang ke 25 tahun, dianggap sebagai kode dari Melinda terkait kondisi perkawinannya. Melinda Gates berkata bahwa pernikahannya sangat luar biasa berat. Melinda menyebutkan bahwa Bill selalu sibuk bekerja sebanyak 16 jam per hari dan sangat sulit membagi waktu dengan keluarga. 

Melinda Gates juga mengakui pertengkaran antara dirinya dan suami seringkali tidak menemukan titik terang sehingga ia bertanya-tanya sendiri apakah pernikahan mereka masih bisa dilanjutkan atau tidak. Bahkan dalam urusan yayasan pun, mereka seringkali berselisih paham. Mereka berdua tidak bisa saling menghargai dan mendengarkan, perselisihan kecil bisa menjadi masalah yang besar.

Spekulasi lain menyebutkan adanya Wanita Idaman Lain (WIL) sebagai orang ketiga dalam pernikahan mereka. Setiap musim semi, Bill Gates dan mantan kekasihnya, Ann Winblad, menghabiskan akhir pekan bersama di pondok pantainya di North Carolina. Liburan bersama mantan pacar ini adalah bagian kesepakatan ketika menikahi Melinda pada tahun 1994. Bagi banyak orang, relasi antara Bill Gates dan Ann Winblad cukup aneh, mengingat Bill sudah menikah dengan Melinda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN