Mohon tunggu...
Helen Meilia
Helen Meilia Mohon Tunggu... Guru - guru

bakso hobby yang menjanjkan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tantangan Pembelajaran dengan Mengedepankan Keberagaman Siswa

1 November 2022   09:01 Diperbarui: 1 November 2022   15:00 688
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TANTANGAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGEDEPANKAN  

KEBERAGAMAN SISWA

Refleksi Individu

Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda.

  • Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan? Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?

Disetiap waktu kita di hadapkan pada perbedaan tidak hanya dalam individu, perbedaan ini kita rasaakan dalam masyarakat dan terlihat jelas pada anak didik kita dalam kelas, saya, kita dan mereka terlahir dengan perbedaan dan keragaman bagaimana kita bisa hidup berdampingan satu sama lain. Menjadi pelajaran besar bagi kita. Dilihat dari titik kita sebagai guru dengan segala keragaman yang ada dalam murid kita, kita di tantang untuk menuntun murid kita kedepan menuju kemerdekannya, kemandiriannya, dan tujuan hidupnya mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya dalam hidup.

Pendidikan merupakan wadah yang didalamnya terdapat guru yang saling bekerjasama satu dengan lainnya membangun siswa untuk dapat mencapai kemerdekaan, mencapai keselamatanya,dan mencapai tujuannya. kita seorang pendidik hendaklah melayani murid kita setulus hati. Karena mereka adalah kebanggaan kita di masa depan nanti,  menuntun , mendidik dengan nilai dan peran yang kita miliki

Dari kondisi geologi dan astronomis menjadikan negara Indonesia dengan " keberagaman rakyatnya" tidak terelakkan olehnya setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda dan memiliki keunikan masing-masing. Mulai dari adanya perbedaan secara internal maupun eksternal. Perbedaan internal meliputi perbedaan fisik yaitu perbedaan warna kulit, rambut, mata, gaya belajar yang berasal dari diri mereka masing-masing dan lainnya,  dan perbedaan eksternal sendiri meliputi agama, ras, asal tempat tinggal dan masih banyak perbedaan lagi.

Untuk membuat mereka dapat melakukan pembelajaran dengan baik dengan keberagaman yang mereka miliki makasaya sebagai seorang guru memberikan mendampingan pada mereka, memfasilitasi dan memberikan pelayanan berdasarkan perbedaan-perbedaan yang mereka miliki tersebut. Yang di awali di tahun ajaran ini, murid mengikuti serangkaia  tes untuk menentukan gaya belajar mereka masing-masing apakah mereka masuk gaya belajar  kinestetik, auditori, audio visual, dengan memahami gaya belajar anak akan membuat saya lebih memahami mereka dengan demikian maka saya bisa mengambil langkah atau strategi apa yang tepat untuk merancang dan menjalankan proses pembelajaran di kelas dengan baik. Selama proses berlangsung saya melakukan pendekatan tersendiri pada murid untuk memahami lebih dalam kebutuhan mereka.

Dengan pemahaman lebih dalam karakteristik siswa dan gaya belajar siswa dan menentukan strategi mana yang tepat yang saya laksanakan, Tentunya saya jadi bisa melaksanakan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan di dalam kelas untuk mereka menemukenali dan membangkitkan kemandirian mereka. Dalam melakukan proses pembelajaran, saya melakukan pendekatan yang berbeda. Menekankan kepada mereka arti keluarga yang berkolaborasi mencapai satu tujuan utama siswa, disini saya mengajak siswa yang memiliki kemampuan lebih untuk saling berbagi dan belajar tutor sebaya untuk saling membantu. Dan saat pembelajaan mandiri saya akan memberikan pendekatan ke seluruh siswa tanpa terkecuali dan disesuaikan dengan perbedaan-perbedaan karakteristik dan gaya belajar siswa di atas. 

Dalam proses pembelajaran yang saya tonjolkan adalah keberpihakkan saya sebagai guru terhadap murid, dimana dengan membuat susasa belajar yang nyaman dengan mengikuti gaya belajar mereka, karakteristik mereka yang berbeda, pemilihan metode belajar yang tepat dan materi yang mereka senangi serta saling berbagi, menghormati, kolaborasi maka proses pembelajaran yang dilakukan murid di dalam kelas dapat berlangsung dengan baik. Mereka belajar dengan antusias dan Kita sebagai guru mampu dengan mudah menuntun mereka mencapai kebahagian mereka.

  • Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?

Jika kita memilih dan telah menentuakan tujuan kita sebagai guru maka sesulit apapun tantangan yang menghalang didepan dapat kita selesaikan dengan baik, dari kalimat ini, setiap proses pasti ada tantangan. Tantangan saat proses pembelajaran berlangsung di kelas dengan keberagaman karakteistik siswa di dalam kelas adalah persiapan yang matang sebelum melakukan proses pembelajaran dan ini akan menyita waktu, pikiran dan dan tenaga, dan materi kita sebagai guru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun