Mohon tunggu...
Heldania
Heldania Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa pendidikan Geografi Universitas lambung Mangkurat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Intoleransi Umat Beragama

1 Desember 2022   16:14 Diperbarui: 1 Desember 2022   16:16 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada kegiatan modul Nusantara mahasiswa pertukaran merdeka melakukan kegiatan  diskusi mengenai tentang intoleran tentang umat beragama.

Agama merupakan sistem yang mengatur kepercayaan serta ibadah seseorang kepada Tuhannya dengan semua ajarannya yang berhubungan dengan adat istiadat yang menghubungkan dari manusia ke manusia lainnya untuk membuat dunia ini lebih mempunyai moral, etika, kepercayaan, dan Norma norma baik untuk manusia. 

Apa jadinya jika semua manusia tidak mempunyai agama? Mungkin tidak ada yang namanya rasa bersalah, dosa, tidak mengerti baik dan buruk sifat manusia serta kepribadian yang tidak bisa bersatu atau terpecah belah. 

Agama pun mengatur tentang kehidupan rohani manusia, agar selalu bersyukur, baik, bijak, ber etika dan semua yang baik karna semua agama pasti mengajarkan baik, terkecuali yang menyimpang dari agama. 

Dalam pengertian agama mempunyai tiga unsur yaitu: Manusia, penghambaan dan Tuhan. Intoleransi adalah suatu dimana sekelompok orang atau per orangan menolak atau tidak menoleransi atau tidak menerima suatu ajaran atau kepercayaan yang diajarkan diagama masing masing dengan menunjukkan ketidak sukaan atau terkadang sampai berbuat anarkis dengan kelompok yang tidak diterimanya. 

Contoh yang paling sering adalah antar umat beragama.Sering kali kita mengabaikan agama seseorang hanya karna kita agama mayoritas dan memandang sebelah mata agama lain, tapi pernahkah kita berfikir bahwa jika seandainya agama kita yang minoritas, perasaan kita bagaimana? Dimusuhi dan mungkin hampir tidak diakui oleh masyarakat sekitar bahwa agama kita adalah agama yang lain atau berbeda. 

Dan tanpa kita sadari bahwa, selain dampak intoleransi agama ini berdampak pada agama minoritas, tetapi juga berdampak pada psikologi orang yang menganut agama minoritas tersebut. Mereka bersedih dan tidak diperlakukan dengan tidak adil. 

Padahal dalam negara kita ini Negara Indonesia berpedoman pada Pancasila sila pertama yaitu Ketuhanan yang Maha Esa butir ke Enam yaitu : Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

CONTOH INTOLERANSI UMAT BERAGAMA DI INDONESIA

Toleransi Beragama adalah suatu sikap untuk menghargai kepada sesama, Kelompok, agama, Ras, suku budaya, dengan cara menghormati kepada kelompok tersebut yang bertujuan untuk menciptakan rasa damai kepada sesama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun