Mohon tunggu...
Hastira Soekardi
Hastira Soekardi Mohon Tunggu... Administrasi - Ibu pemerhati dunia anak-anak

Pengajar, Penulis, Blogger,Peduli denagn lingkungan hidup, Suka kerajinan tangan daur ulang

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Perdana Mencicipi Cilor

8 Desember 2021   02:52 Diperbarui: 8 Desember 2021   04:54 128 18 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
cilor/https://jambi.tribunnews.com

Gegara konten sama Usep di taman PKK Sumber Cirebon. Di sana banyak jualan camilan dan kuliner berat di sekeliling taman. Dan aku termasuk orang yang terlambat segala yang sedang ngetrend termasuk kulineran. Cilor yang sudah lama ngetrend ternyata aku baru nyoba pada saat ngonten itu. 

Melihat ada yang jualan cilor langsung dicoba. Dan kata teman-teman sih cilor di taman PKK ini memang terkenal enak. Karena baru nyoba, jadi belum bisa membandingkan apa cilor di sini enak atau gak. Yang ada oh, gini toh rasanya. 

Nah, ketagihanlah akhirnya. Nyoba dekat rumah,ada dua yang dicoba. Ternyata memang yang di taman PKK itu lebih enak dengan balutan telur yang tebal. Banyak yang bilang cilor itu gak sehat. Benar? Semua  tergantung banyak hal. 

Cilor juga sudah banyak yang dimodifikasi dengan aneka toping yang menyehatkan. Mau lebih sehat bisa membuat sendiri. Apalagi dengan tambahan telur yang kita tahu sangat bermanfaat buat tubuh. Tentu sesuatu yang kebanyakan juga gak baik

Cilor itu juga merupakan camilan asal Jawa Barat yang terbuat dari tepung kanji atau aci bahasa sundanya. Cilor itu singkatan aci dan telur. Karena acinya dibungkus dengan telur.. Ternyata penggemarnya hampir seluruh lapisan masarakat . Apalagi yang dijual di sekelas kafe dengan modifikasi kekinian semakin disukai. 

Apakah cilor begizi atau tidaknya banyak tergantung dari bahan yang digunakan. Seperti telur. Ada yang dibalut dengan telur yang super tipis sehingga rasa telurnya tak terasa,ada yang sedang dan ada yang tebal. Tentu yang dibalut yang tebal lebih memiliki gizi yang lebih baik. 

Dan jangan salah tepung kanji juga ada banyak kandungan zat yang baik buat tubuh. Dan yang perlu diperhatikan adalah penggunaan minyak gorengnya. Mungkin di pedagang penggunaan minyak yang berulang-ulang itulah yang memiliki resiko tersendiri. Juga jangan makan berlebihan tentunya. Atau bisa membuatnya sendiri sehingga lebih bersih dan lebih sehat tentunya

Resep cilor sederhana yang bisa dicoba

Bahan yang digunakan

  • 200 gram tepung kanji
  • 50 gram tepung terigu
  • 200 ml air
  • 1 sdm kaldu jamur bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt lada putih

Untuk bahan pelapisnya

  • 1 butir telur, kocok
  • Garam, lada putih secukupnya.
  • Kaldu jamur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan