Mohon tunggu...
Hastari Anggirnawati
Hastari Anggirnawati Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Mahasiwa Agribinis

Mahasiswa Agribisnis

Selanjutnya

Tutup

Money

Jaringan Prima, Solusi Mudah dalam Tranfer Antar Bank

24 Juli 2019   05:57 Diperbarui: 24 Juli 2019   06:01 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa era globalisasi seperti sekarang perkembangan teknologi sangatlah pesat. Dengan adanya teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat di dalam menjalani kehidupan sehari hari. Di era ini masyarakat di tuntut untuk bergerak cepat dalam berbagai transaksi ekonomi dan bisnis.  

Salah satu transaksi ekonomi dan bisnis  terbesar yaitu belanja online.Tren belanja online sendiri sudah merajalela di Indonesia sejak beberapa tahun ini dan dapat diperkirakan sampai beberapa tahun yang akan datang. Tren ini pun tidak hanya di perkotaan tetapi juga di pedesaan. Kebanyakan konsumen  kini beralih dari belanja offline dengan cara mendatangi toko ke belanja online dengan cara digital menggunakan handpone maupun alat elektronik lainnya.

Dengan adanya belanja online pemilik toko pun memiliki berbagai keuntungan yaitu tidak membutuhkan banyak modal , target pasar luas dan keuntungan lebih besar dibandingkan toko offline. Selain itu, konsumen juga mendapatkan keuntungan dengan kemudahan transaksi tanpa batasan waktu maupun tempat dan jangkauan yang luas untuk membeli suatu barang yang di inginkan tanpa perlu keluar rumah.

Laju pertumbuhan industri e-commerce pun  di Indonesia kian meningkat dari tahun ke tahun. Terbukti pada tahun 2015, Indonesia memiliki 18 juta konsumen online dan diharapkan untuk tumbuh terus menerus setiap tahunnya. Harapan yang besar ini di karenakan semakin kuatnya pertumbuahan ekonomi dan mudah nya mengakses jaringan internet di Indonesia.

Selain berbagai keuntungan dalam belanja online terdapat juga  berbagai kendala dalam bisnis online. Ketika konsumen yang akan membeli barang berkata,"apakah menggunakan rekening bank  Z?". Saya pun menjawab,"Maaf sebelumya, kami memiliki bank X dan Y saja ". Seketika itu konsumen pun tidak bergairah untuk membeli. Alhasil transaksi pun tidak berlanjut. Masalah tersebut merupakan kendala terbesar karena pihak toko online mendapat kerugian dan pihak konsumen kecewa karena tidak jadi membeli. Sulitnya transfer dengan rekening bank lain harus ditanggulangi. Hal ini sangat merugikan pihak pemilik toko online maupun konsumen itu sendiri .

PRIMA merupakan solusi dalam kendala belanja online. Dengan adanya prima konsumen maupun pemilik toko tidak perlu ragu untuk bertransaksi di jaringan ATM. Dengan jaringan PRIMA konsumen dapat melakukan transfer bank Z ke bank Y yang dimiliki toko online. Caranya  mudah hanya memastikan terdapat logo prima di kartu ATM dan mesin ATM yang digunakan. Layanan ini dapat terkoneksi transfer ke bank manapun yang terhubungan jaringan PRIMA.

Terdapat 5 fitur dalam PRIMA  yang memberikan 5K (5 kemudahan), yaitu :

PRIMA ATM 

Kemudahan dan kenyamanan untuk melakukan transaksi Tarik Tunai, Cek Saldo dan Transfer Dana antar bank di semua mesin yang berlogo PRIMA dan transaksi transfer di proses real time online (24 jam-tanpa batas).

PRIMA DEBIT

Kemudahan transaksi pembayaran elektronik yang aman, berkualitas dan efisien pada mesin EDC di seluruh Indonesia. Keunggulan lain, PRIMA DEBIT bagi nasabah dan merchant adalah tidak di kenakan biaya oleh merchant , tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar, dan dapat terhindar dari kasus pencurian ataupun pemalsuan uang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun