Mohon tunggu...
Hasna NabilaQotrunada
Hasna NabilaQotrunada Mohon Tunggu... Menuju tak terbatas dan melampauinya

Hasna Nabila Qotrunada. Seorang penulis amatir yang ingin berbagi lewat tulisannya. Semoga apa yang dibagi di sini dapat bermanfaat bagi teman-teman. Jika ingin menyampaikan sesuatu dapat ketik di kolom komentar atau kunjungi instagram @hsnblqtrnd

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Diskusi Struktur Puisi

5 April 2020   11:54 Diperbarui: 5 April 2020   12:17 72 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Diskusi Struktur Puisi
pict by : line

Selamat pagi semuanya! Hari ini kita akan membicarakan tentang unsur-unsur puisi. Ga perlu lama-lama, langsung aja kita bahas ya!

Unsur puisi itu dibagi menjadi dua, yaitu unsur fisik dan unsur batin

Pertama, kita bahas dulu tentang unsur batin puisi ya. Yang namanya batin, pasti ga keliatan. Ga bisa dilihat guys, tapi bisa dirasakan. Nah, kalo lo pernah baca puisi, pasti lo bisa merasakan sesuatu yang disebut unsur batin, cuma kadang lo ga sadar gitu. Jadi, di sini gue mau kasih tau lo tentang unsur batin puisi. Unsur batinnya puisi itu ada :

1. Tema

Rata-rata, semua karya itu pasti punya tema. Tema tuh kayak jadi dasar semua karya gitu, guys. Ibarat orang idup, tema tuh imannya dia. Kepercayaannya dia. 

Jadi kalo kita bikin karya dengan tema tertentu, jangan sampai kita mengingkari tema tersebut. Sama kayak kita jangan sampai mengingkari kepercayaan kita sendiri.

2. Rasa

Kalo rasa ini, pastinya lo udah pada tahu kan ya. Kalo lo baca puisi sedih, terus tiba-tiba ngerasa ih kok gini sih, sedih banget bacanya. Nah, itu yang disebut rasa atau feeling. Seorang penulis puisi, waktu dia nulis, dia harus memperhatikan kata-katanya gimana biar pembaca tuh bisa larut sama puisi yang dia baca.

3. Nada

Ini kayak nama belakang gue ya guys, Nada.  Gue pernah dikasih tahu sama sobat gue, kalo nada itu, sikap penulis atau penyair terhadap pembacanya. Jadi ini saling berkaitan dengan unsur lainnya. 

Gimana cara penulis menyampaikan tema dari tulisannya, dalam hal ini puisi, kepada pembacanya. Tentunya harus memperhatikan juga biar rasa atau feelnya itu sampe ke pembaca yah. Contohnya nada, ada nada menggurui, nada menasehati, gitu-gitu. Beda ya sama nada yang ada di musik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN