Mohon tunggu...
Hasna AsniandiniHidayat
Hasna AsniandiniHidayat Mohon Tunggu... HI.

HI.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Penyedap Rasa dari Kepala Belut

20 Mei 2019   22:00 Diperbarui: 20 Mei 2019   22:20 0 0 0 Mohon Tunggu...

Penyedap rasa adalah bahan tambahan makanan yang memberikan rasa pada bahan tertentu, sehingga suatu makanan dapat bertambah manis, asam, dan sebagainya. 

 Penyedap rasa sintetis adalah Penyedap rasa yang tidak terdapat di alam, didapatkan dari proses kimiawi dengan bahan baku dari alam maupun hasil tambang. Yang terakhir adalah penyedap rasa alami.

Penyedap rasa alami ini didapatkan dari tumbuhan dan hewan secara langsung atau melalui proses fisik, mikrobiologi, atau enzimatis. Dapat dikonsumsi secara langsung atau diproses terlebih dahulu. Seperti yang dilakukan oleh Fahmi mahasiswa Sekolah Vokasi IPB. Fahmi membuat penyedap rasa alami dari kepala belut sebagai pengganti monosodium gultamat.

Sebelum ia menghasilkan seperti sekarang, ia melakukan banyak revisi hingga akhirnya ia mendapatkan hasilnya. Ia menjadikan ini sebagai hobi, sehingga ia dapat membagi waktunya dengan mudah antara kuliah dan hobinya tersebut. Dalam melakukan ini, Fahmi dibantu oleh dua orang temannya yang merupakan mahasiswa Sekolah Vokasi IPB.